2 Ilmuwan WHO Batal Masuk China Usai Positif Antibodi Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 17:24 WIB
Tim Ahli WHO Tiba di Wuhan, Sementara Cina Kembali Laporkan Kematian Baru COVID-19
Tim ilmuwan WHO yang tiba di Wuhan, China (DW News)
Jenewa -

Dua ilmuwan anggota tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang sedang dalam perjalanan ke China untuk menyelidiki asal-usul virus Corona (COVID-19) dilaporkan terjebak di Singapura, setelah dinyatakan positif untuk antibodi COVID-19.

Seperti dilansir CNN, Kamis (14/1/2021), hal tersebut diungkapkan WHO dalam serentetan pernyataan via Twitter pada Kamis (14/1) waktu setempat.

Dua ilmuwan, yang tidak disebut identitasnya itu, merupakan bagian dari tim ilmuwan yang berangkat ke Wuhan, China, untuk melakukan penelitian lapangan.

"Dua ilmuwan masih berada di Singapura menyelesaikan tes COVID-19. Seluruh anggota tim memiliki beberapa hasil negatif untuk tes PCR dan tes antibodi untuk COVID-19 di negara asal mereka sebelum melakukan perjalanan," terang WHO dalam pernyataannya.

"Mereka menjalani tes lagi di Singapura dan semuanya negatif untuk PCR. Tapi dua anggota dinyatakan positif untuk antibodi IgM," jelas pernyataan WHO itu.

Dijelaskan WHO bahwa dua ilmuwan itu akan kembali menjalani tes ulang untuk antibodi Corona di Singapura. "Mereka sedang dites ulang untuk antibodi IgM dan IgG," imbuh pernyataan itu.

Diketahui bahwa antibodi Corona akan terbentuk dalam tubuh jika ada paparan virus Corona. Jika antibodi terdeteksi di dalam tubuh seseorang, maka artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau terinfeksi virus Corona sebelumnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2