PM Israel Hapus Foto Donald Trump dari Akun Twitternya, Ada Apa?

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 13:48 WIB
Agenda Perdamaian Trump dan Netanyahu Tamparan Bagi Palestina
Benjamin Netanyahu dan Donald Trump (DW News)
Tel Aviv -

Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, menghapus foto Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, dari banner foto pada akun Twitter miliknya. Ada apa?

Seperti dilansir Reuters, Selasa (12/1/2021), foto Netanyahu yang duduk di sebelah Trump dalam kunjungan di Gedung Putih beberapa waktu lalu, telah sejak lama menjadi kebanggaan dan dipasang sebagai banner foto pada akun resmi sang PM Israel, @netanyahu. Foto itu menjadi wujud kedekatan hubungan antara Netanyahu dan Trump.

Pada Selasa (12/1) pagi waktu setempat, foto tersebut tidak tampak lagi di akun Twitter milik Netanyahu dan digantikan dengan foto Netanyahu saat sedang disuntik vaksin virus Corona (COVID-19) dengan slogan vaksinasi Israel berbunyi 'Warga Israel, kita hidup kembali'.

Diketahui bahwa Netanyahu tetap memasang foto pertemuannya dengan Trump untuk waktu yang cukup lama pada akun Twitternya. Bahkan setelah Trump dinyatakan kalah dari Presiden terpilih AS, Joe Biden, dalam pilpres 2020 lalu, foto itu tidak juga diganti.

Bulan lalu, foto tersebut sempat diganti sebentar dengan foto bertema liburan Hanukkah, yang memicu spekulasi media bahwa Netanyahu menjauhkan diri dari Trump. Namun setelah liburan Hanukkah berakhir, foto Trump kembali dipasang di akun Twitter milik Netanyahu, meski foto yang berbeda.

Foto yang dipasang adalah foto Netanyahu dan Trump bersama Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab dan Bahrain saat menandatangani kesepakatan damai di Gedung Putih pada September tahun lalu.

Kembali dihapusnya foto Trump dari akun Twitter milik Netanyahu terjadi sehari setelah DPR AS mengumumkan akan mengupayakan pemakzulan kedua untuk Trump, setelah para pendukungnya menyerbu dan memicu kerusuhan di Gedung Capitol pada 6 Januari lalu.

Selanjutnya
Halaman
1 2