Turki Siap Normalisasi Hubungan dengan Prancis

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 13:32 WIB
Little girl waving Turkish flag on sunny beautiful day
Foto: Ilustrasi bendera Turki (Getty Images/iStockphoto/atakan)
Ankara -

Pemerintah Turki siap untuk menormalisasi hubungan dengan Prancis meskipun ketegangan bilateral terus berlanjut karena beberapa masalah. Kesiapan ini disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu.

Dilansir AFP, Jumat (8/1/2021), Cavusoglu mengatakan bahwa dirinya telah melakukan "percakapan telepon yang sangat konstruktif" dengan mitranya dari Prancis, Menteri Urusan Eropa dan Luar Negeri Jean-Yves Le Drian.

"Kami sepakat bahwa kami harus mengerjakan peta jalan untuk menormalisasi hubungan," kata Cavusoglu kepada wartawan setelah pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Portugis Augusto Santos Silva di Lisbon, Kamis (7/1).

Portugal baru saja mengambil alih kepresidenan bergilir UE (Uni Eropa). "Jika Prancis tulus, Turki siap untuk menormalisasi hubungan," tegasnya.

Kata-kata Cavusoglu sangat berbeda dengan pernyataan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bulan lalu.

Turki terlibat dalam serangkaian sengketa dengan Prancis dan mitra UE-nya, mulai dari ketegangan di Mediterania timur hingga wilayah Nagorno-Karabakh yang diperebutkan.

Perselisihan telah meningkat ke tingkat baru dalam beberapa bulan terakhir karena Prancis telah bergerak untuk menindak ekstremisme Islam setelah beberapa serangan di wilayah.

Selanjutnya
Halaman
1 2