Korsel Perintahkan Jepang Bayar Kompensasi Korban Budak Seks PD II

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 08 Jan 2021 12:11 WIB
Jepang diperintahkan untuk membayar kompensasi atas kejahatan perbudakan seks oleh pengadilan Korea Selatan (AFP Photo)
Foto: Jepang diperintahkan untuk membayar kompensasi atas kejahatan perbudakan seks oleh pengadilan Korea Selatan (AFP Photo)
Seoul -

Pengadilan Korea Selatan memerintahkan pemerintah Jepang untuk membayar kompensasi kepada 12 budak seks Perang Dunia II atau keluarga mereka. Perintah ini muncul dalam putusan yang kemungkinan besar akan membuat marah Tokyo.

Dilansir AFP, Jumat (8/1/2021) kantor berita Korea Selatan, Yonhap melaporkan bahwa Pengadilan Distrik Pusat Seoul memutuskan bahwa pemerintah Jepang harus membayar para korban masing-masing 100 juta won (US$ 91.000).

Ini merupakan kasus hukum sipil pertama di Korea Selatan terhadap Tokyo oleh budak seks masa perang untuk pasukan Jepang, yang secara halus diberi label "wanita penghibur".

Sejarawan arus utama mengatakan hingga 200.000 wanita, kebanyakan dari Korea tetapi juga bagian lain dari Asia termasuk China, dipaksa bekerja di rumah bordil militer Jepang selama Perang Dunia II.

Keputusan hari Jumat (8/1) ini datang dalam proses hukum yang dimulai delapan tahun lalu dan beberapa penggugat asli telah meninggal, dan digantikan oleh anggota keluarga.

Tokyo memboikot proses tersebut dan menegaskan semua masalah kompensasi yang berasal dari pemerintahan kolonialnya diselesaikan dalam perjanjian 1965. Hal ini termasuk perjanjian terkait yang menormalkan hubungan diplomatik antara tetangga.

Selanjutnya
Halaman
1 2