2 Pejabat Gedung Putih Mundur Usai Massa Trump Serbu Capitol

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 07 Jan 2021 11:54 WIB
White House Press Secretary Stephanie Grisham listens as US President Donald Trump speaks to the media aboard Air Force One while flying between El Paso, Texas and Joint Base Andrews in Maryland, August 7, 2019. (Photo by SAUL LOEB / AFP)
Stephanie Grisham dalam foto tahun 2019, saat masih menjabat Sekretaris Pers Gedung Putih, sebelum menjadi Kepala Staf untuk Ibu Negara AS, Melania Trump (SAUL LOEB/AFP)

Niceta menjabat sebagai satu-satunya Sekretaris Sosial Gedung Putih sejak Februari 2017. Pengunduran diri Niceta juga disebut berlaku segera. Dia menjadi pejabat senior kedua di East Wing Gedung Putih, selain Grisham, yang mundur usai insiden penyerbuan Gedung Capitol AS pada Rabu (6/1) waktu setempat.

Sebagai Sekretaris Sosial, Niceta memimpin dan mengawasi semua acara di Gedung Putih, mulai dari pertemuan kecil di West Wing -- kantor Presiden AS -- hingga perayaan tahunan Paskah, Halloween dan kunjungan kenegaraan serta acara piknik dan makan malam Kongres AS di Gedung Putih.

Menurut beberapa sumber yang memahami situasi, beberapa pejabat top Gedung Putih lainnya tengah mempertimbangkan untuk mengundurkan diri. Salah satunya adalah Penasihat Keamanan Nasional, Robert O'Brien dan wakilnya, Matthew Pottinger.

"Saya baru saja berbicara dengan Wakil Presiden (Mike) Pence. Saya bangga untuk bekerja bersamanya," ucap O'Brien dalam pernyataan pada Rabu (6/1).

Seorang sumber lainnya menuturkan ada desas-desus di dalam Gedung Putih bahwa Wakil Kepala Staf Gedung Putih, Chris Liddell, mungkin mengundurkan diri. Belum ada komentar resmi dari Gedung Putih terkait pengunduran diri para pejabat Gedung Putih ini.


(nvc/ita)