Gegara Varian Baru Corona, Arab Saudi Setop Semua Penerbangan Internasional

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 21 Des 2020 10:24 WIB
Ilustrasi pesawat
ilustrasi (Foto: iStock)
Jakarta -

Arab Saudi menghentikan semua penerbangan internasional menyusul munculnya varian baru virus Corona yang menyebar cepat di Inggris. Saudi juga menangguhkan arus masuk ke kerajaan tersebut melalui pelabuhan darat dan lautnya setidaknya selama seminggu.

Kerajaan "sementara menangguhkan semua penerbangan internasional - kecuali dalam kasus luar biasa - untuk jangka waktu satu minggu, yang dapat diperpanjang satu minggu lagi," demikian dilaporkan media resmi Saudi Press Agency (SPA).

"Masuk ke kerajaan melalui pelabuhan darat dan laut juga akan ditangguhkan selama seminggu, yang dapat diperpanjang seminggu lagi," imbuh SPA mengutip Kementerian Dalam Negeri, seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (21/12/2020).

SPA menambahkan bahwa penangguhan ini tidak berlaku untuk pesawat internasional yang saat ini berada di kerajaan, yang akan diizinkan untuk pergi.

Perkembangan itu terjadi setelah beberapa negara Eropa melarang perjalanan dari Inggris pada Minggu (20/12) setelah pemerintah Inggris memperingatkan adanya varian baru Corona yang sangat menular "di luar kendali".

SPA mengatakan penumpang yang tiba di Arab Saudi dari Eropa - atau negara mana pun tempat varian baru itu terdeteksi - akan diminta untuk mengisolasi diri selama dua minggu dan melakukan tes Corona.

Negara tetangga Kuwait pada Minggu (20/12) juga mengumumkan larangan penerbangan penumpang dari Inggris karena jenis baru virus itu.

Pekan lalu, Arab Saudi memulai program vaksinasi COVID-19 tiga fase, setelah pengiriman pertama vaksin Pfizer-BioNTech tiba di kerajaan itu.

Arab Saudi sejauh ini telah mencatat lebih dari 361.000 kasus infeksi Corona, termasuk lebih dari 6.000 kematian - tertinggi di antara negara-negara Teluk Arab. Tetapi kerajaan itu juga melaporkan tingkat kesembuhan yang tinggi.

(ita/ita)