Berfoto dengan Warga Tanpa Masker, Presiden Chile Didenda Rp 49 Juta

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 19 Des 2020 09:22 WIB
FILE PHOTO: Chiles President Sebastian Pinera addresses the 74th session of the United Nations General Assembly at U.N. headquarters in New York City, New York, U.S., September 24, 2019. REUTERS/Carlo Allegri/File Photo
Sebastian Pinera (REUTERS/Carlo Allegri/File Photo)
Santiago -

Presiden Chile, Sebastian Pinera, dihukum denda US$ 3.500 (Rp 49,4 juta) karena berfoto selfie dengan seorang warga tanpa memakai masker di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Otoritas Chile mewajibkan pemakaian masker di seluruh tempat umum selama pandemi.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (19/12/2020), aturan wajib pakai masker di seluruh tempat umum diterapkan secara ketat oleh otoritas Chile dan para pelanggarnya akan diganjar hukuman termasuk denda dan bahkan penjara.

Pinera telah meminta maaf kepada publik setelah foto dirinya bersama seorang warga tanpa masker beredar di media sosial pada awal Desember lalu.

Dalam penjelasannya, Pinera menyebut dirinya saat itu sedang berjalan sendirian menyusuri pantai di dekat kediamannya di kota Cachagua, ketika seorang wanita mengenali dirinya dan meminta foto bersama.

Foto selfie itu menunjukkan Pinera dan wanita itu berdiri saling berdekatan di pantai, keduanya juga tidak memakai masker.

Hukuman denda sebesar US$ 3.500 itu pun dijatuhkan kepada Pinera pada Jumat (18/12) waktu setempat.

Diketahui bahwa virus Corona memuncak di Chile pada Mei dan Juni lalu, sebelum sedikit mereda sejak November. Baru-baru ini, tambahan kasus Corona kembali meningkat di Chile yang memicu penerapan pembatasan terbaru dan aturan karantina ketat.

Sejauh ini, total 581.135 kasus Corona kini tercatat di Chile, dengan 16.051 kematian.

(nvc/idh)