Bawa Batu dari Bulan, Pesawat Antariksa China Tiba di Bumi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 17 Des 2020 09:48 WIB
Gambar ini menunjukkan probe bulan Change-5 mengumpulkan sampel di bulan, yang kini telah kembali dengan selamat ke Bumi (AFP Photo)
Foto: Gambar ini menunjukkan probe bulan Chang'e-5 mengumpulkan sampel di bulan, yang kini telah kembali dengan selamat ke Bumi (AFP Photo)
Beijing -

Sebuah pesawat luar angkasa China tak berawak yang membawa batu dan tanah dari Bulan kembali dengan selamat ke Bumi pada Kamis (17/12/2020) pagi waktu setempat. Ini merupakan misi pertama dalam empat dekade untuk mengumpulkan sampel permukaan Bulan.

Dilansir dari AFP dan kantor berita Xinhua, Kamis (17/12) modul kembali dari pesawat antariksa yang dikenal sebagai Chang'e-5 mendarat di wilayah Mongolia Dalam, China utara. Hal ini disampaikan oleh Badan Luar Angkasa Nasional China.

China ingin mengejar ketertinggalan dengan Amerika Serikat dan Rusia setelah menghabiskan beberapa dekade untuk menyamai pencapaian para pesaingnya. China telah menggelontorkan miliaran dolar ke dalam program luar angkasa yang dijalankan militer.

Pesawat luar angkasa itu yang dinamai menurut mitos dewi Bulan China, mendarat di Bulan pada 1 Desember dan memulai penerbangan kembali dua hari kemudian. Saat di Bulan, wahana itu mengibarkan bendera China, kata badan antariksa China.

Para ilmuwan berharap sampel tersebut akan membantu mereka mempelajari tentang asal-usul Bulan, pembentukan, dan aktivitas vulkanik di permukaannya.

Dengan misi ini, China hanya menjadi negara ketiga yang mengambil sampel dari Bulan, setelah Amerika Serikat dan Uni Soviet pada 1960-an dan 1970-an.

Misi ini adalah upaya pertama sejak misi Luna 24 Uni Soviet pada tahun 1976.

Tonton video 'Pesawat Luar Angkasa China Bakal Bawa Sampel 2 Kg dari Bulan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2