Senator AS Gagal Cegah Trump Jual Jet Siluman F-35 ke Uni Emirat Arab

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 13:48 WIB
Jet termahal di dunia F-35 alami kecelakaan pertama dalam sejarahnya
Ilustrasi (dok. BBC World)

Gedung Putih dalam pernyataannya menegaskan bahwa penjualan jet tempur itu akan memampukan UEA untuk 'menangkal meningkatkan perilaku agresif dan ancaman Iran yang dilontarkan setelah kesepakatan damai'.

Senator Demokrat, Robert Menendez, yang merupakan anggota Komisi Hubungan Internasional Senat AS, menyatakan sepakat jika Iran memberikan ancaman. Namun dia juga menegaskan bahwa: "Kita belum memahami secara tepat ancaman militer yang akan dihadapi F-35 atau drone bersenjata saat berhadapan dengan Iran."

Dua Senator Demokrat mendukung penjualan jet tempur itu dan bergabung dengan para Senator Republikan. Sementara itu, hanya satu Senator Republikan, yakni Rand Paul, yang menentang penjualan itu dan bergabung dengan Senator Demokrat.

"Akankah AS memikul tanggung jawab jika UEA menyalahgunakan senjata yang luar biasa canggih ini? Bisakah kita mempercayai orang-orang yang telah menjadi bagian dari kampanye pengeboman warga sipil di Yaman untuk bertindak lebih bijak di masa depan?" tanyanya.

Jet tempur F-35 dengan kemampuan siluman yang diproduksi Lockheed Martin memiliki sensor dan alat pengumpul data yang canggih, yang bisa digunakan untuk serangan udara, mengumpulkan informasi intelijen dan pertempuran langsung di udara.

Departemen Luar Negeri AS sebelumnya mengumumkan bahwa UEA akan membeli 50 unit jet tempur F-35, yang setara dengan armada milik Israel. Diketahui bahwa Israel yang sebelumnya menentang penjualan jet siluman buatan AS ke negara Arab, mencabut keberatannya setelah UEA sepakat menormalisasi hubungan dengan Israel pada September lalu.

Halaman

(nvc/ita)