Trump Perintahkan Penarikan Militer AS dari Somalia

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 09:23 WIB
Presiden Donald Trump telah memerintahkan penarikan sebagian besar personel militer dan keamanan AS dari Somalia (AFP Photo)
Foto: Presiden Donald Trump telah memerintahkan penarikan sebagian besar personel militer dan keamanan AS dari Somalia (AFP Photo)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, telah memerintahkan penarikan sebagian besar personel militer dan keamanan AS dari Somalia. Somalia menjadi tempat pasukan AS melakukan operasi terhadap kelompok militan Al-Shabaab.

"Trump telah memerintahkan Departemen Pertahanan dan Komando Afrika Amerika Serikat untuk memposisikan kembali sebagian besar personel dan aset keluar dari Somalia pada awal 2021," kata Pentagon atau Departemen Pertahanan AS dalam sebuah pernyataan yang dilansir AFP, Sabtu (5/12/2020).

Departemen Pertahanan AS itu menekankan bahwa Amerika Serikat "tidak menarik diri atau melepaskan diri dari Afrika," di tengah kekhawatiran mundurnya dari berbagai wilayah di benua itu.

"Kita akan terus memberantas organisasi ekstremis brutal yang dapat mengancam Tanah Air kita sambil memastikan kita mempertahankan keunggulan strategis kita dalam persaingan kekuatan besar," katanya.

Komando Afrika AS telah mempertahankan sekitar 700 tentara, personel dari operasi keamanan AS lainnya, dan kontraktor keamanan swasta di Somalia, keduanya melakukan serangan terhadap Al-Shabaab dan melatih pasukan Somalia.

Selanjutnya
Halaman
1 2