Kabar Pria Indonesia Ditangkap Usai Bikin Hollywood Gempar

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 05:02 WIB
Identitas ratu penipu Hollywood yang tengah diselidiki FBI terbongkar, diduga sebagai pria Indonesia yang tinggal di Inggris
Foto: Hollywood (BBC World)

Penipuan dimulai pada awal 2013, dan berlanjut meskipun perjalanan Covid global dilarang hingga Agustus ini, ketika para korban malah diminta untuk keluar karena video pelatihan yang tidak ada.

Menurut Hollywood Reporter, Tahilramani ditangkap polisi Manchester pekan lalu dengan bantuan penyelidik swasta dari K2 Integrity.

Dalam sebuah pernyataan kepada AFP, salah satu pendiri Jules Kroll mengatakan K2 telah membantu pemerintah AS, Inggris dan Indonesia dalam "membawa orang yang dikenal sebagai 'Ratu Penipu Hollywood' ke pengadilan."

Tahilramani - juga dikenal sebagai Gobind Lal Tahil - telah "dibuka kedoknya" bulan lalu sebagai kemungkinan tersangka penipuan aneh oleh podcast investigasi "Chameleon: Hollywood Con Queen."

Itu terjadi setelah K2 tahun lalu mengeluarkan pernyataan yang menyatakan "Ratu Penipu" adalah seorang laki-laki.

Dia menghadapi tuduhan penipuan, pencurian identitas dan konspirasi.

Penerbit HarperCollins telah mendapatkan hak buku atas cerita yang akan ditulis oleh mantan jurnalis Reporter Hollywood Scott Johnson.

Sementara itu, KBRI London menyatakan pria tersebut tak ada dalam database WNI di Inggris.

"Berkaitan dengan pertanyaan tersebut dapat saya sampaikan bahwa di dalam database KBRI London, tidak tercantum data yang bersangkutan," kata Counsellor Penerangan dan Sosial Budaya, Hartyo Harkomoyo, Jumat (4/12/2020).

Hartyo mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan otoritas setempat. KBRI London saat ini masih menunggu konfirmasi lebih lanjut.

"KBRI London telah melakukan komunikasi dengan pihak yang berwenang dan sedang menunggu konfirmasi lebih lanjut," ujar Hartyo.


(rdp/rdp)