International Updates

WNI 'Ratu Penipu Hollywood' Ditangkap, Prancis Periksa Puluhan Masjid

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 18:20 WIB
Identitas ratu penipu Hollywood yang tengah diselidiki FBI terbongkar, diduga sebagai pria Indonesia yang tinggal di Inggris
Foto: BBC World
Jakarta -

Pria yang dijuluki 'Ratu Penipu Hollywood' ditangkap di Inggris. Pria itu menyamar sebagai eksekutif wanita papan atas Hollywood untuk menipu calon bintang ratusan ribu dolar.

Dilansir AFP, Jumat (4/12/2020) pria itu ditangkap setelah bertahun-tahun diburu oleh Biro Investigasi Federal Amerika Serikat, FBI. Dia diidentifikasi dalam dakwaan pengadilan yang terbuka pada Kamis (3/12) sebagai Hargobind Tahilramani, seorang pria Indonesia berusia 41 tahun.

"Terdakwa telah ditangkap di Inggris Raya berdasarkan permintaan penangkapan sementara yang diajukan oleh Amerika Serikat dengan maksud untuk mengekstradisinya," kata juru bicara FBI di San Diego, California kepada AFP.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Jumat (4/12/2020):

- Prancis Inspeksi Puluhan Masjid yang Diduga Tempat Ajaran Radikal

Otoritas Prancis menginspeksi puluhan masjid dan ruang sholat yang dicurigai sebagai tempat ajaran radikal mulai Kamis (3/12/2020) waktu setempat. Inspeksi ini merupakan bagian dari tindakan keras terhadap ekstremis Islam setelah serentetan serangan di negara itu.

Dilansir AFP, Jumat (4/12/2020) Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin mengatakan kepada radio RTL bahwa jika salah satu dari 76 masjid dan ruang sholat yang diinspeksi itu ditemukan mempromosikan ekstremisme, maka akan ditutup.

Inspeksi tersebut adalah bagian dari tanggapan pemerintah terhadap dua serangan brutal baru-baru ini yang mengejutkan Prancis - pemenggalan kepala seorang guru pada 16 Oktober usai menunjukkan kartun Nabi Muhammad kepada murid-muridnya dan pembunuhan tiga orang di sebuah gereja di Nice pada 29 Oktober.

- Sudah 1,5 Juta Orang di Dunia Meninggal Akibat Virus Corona

Lebih dari 1,5 juta orang meninggal akibat virus Corona (COVID-19) di berbagai negara. Dilaporkan bahwa rata-rata satu kematian akibat Corona terjadi tiap 9 detik dalam setiap minggunya.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (4/12/2020), lebih dari separuh juta kematian akibat Corona dilaporkan hanya dalam dua bulan terakhir. Ini mengindikasikan bahwa keparahan pandemi Corona masih jauh dari akhir.

Secara global, nyaris 65 juta orang telah terinfeksi virus Corona dengan negara-negara yang terdampak paling parah, termasuk Amerika Serikat (AS), berjuang menghadapi gelombang ketiga virus Corona.

- Pria Indonesia yang Jadi 'Ratu Penipu Hollywood' Ditangkap di Inggris

Pria yang dijuluki 'Ratu Penipu Hollywood' ditangkap di Inggris. Pria itu menyamar sebagai eksekutif wanita papan atas Hollywood untuk menipu calon bintang ratusan ribu dolar.