Bangladesh Mulai Kirim Pengungsi Rohingya ke Pulau Kontroversial

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 17:49 WIB
Bangladesh mulai kirim pengungsi Rohingya ke pulau berbahaya (AFP Photo)
Foto: Bangladesh mulai kirim pengungsi Rohingya ke pulau berbahaya (AFP Photo)
Dhaka -

Bangladesh mulai mengirim ratusan pengungsi Rohingya ke pulau kontroversial, Bhashan Char. PBB dan kelompok hak asasi manusia menilai pulau dataran rendah itu berbahaya karena rentan terhadap topan dan banjir.

Dilansir AFP, Kamis (3/12/2020) hampir satu juta orang Rohingya - yang sebagian besar melarikan diri dari serangan militer di negara tetangga Myanmar pada tahun 2017 - tinggal di kamp-kamp kumuh di tenggara Bangladesh.

Banyak dari mereka yang menolak untuk kembali tanpa jaminan keamanan dan hak-hak mereka. Dengan geng-geng narkoba yang kejam dan ekstremis yang aktif di lokasi, pemerintah Bangladesh semakin tidak sabar untuk membersihkan kamp itu.

Pada hari Kamis (3/12), setidaknya 10 bus meninggalkan kamp di wilayah Cox's Bazar, menuju kota pelabuhan Chittagong.

"Sepuluh bus yang membawa sekitar 400 orang telah berangkat ke pulau itu," kata kepala polisi setempat, Ahmed Sunjur Morshed kepada AFP.

Dari Chittagong, para pengungsi akan dibawa dengan kapal militer ke pulau Bhashan Char pada hari Jumat (4/12).

Sebelumnya para pejabat mengatakan kepada AFP bahwa mereka berencana untuk memindahkan sekitar 2.500 orang ke pulau lumpur dataran rendah itu pada tahap pertama.

"Puluhan bus lain menunggu di kamp-kamp di wilayah Cox's Bazar," kata seorang wartawan AFP di tempat kejadian.

Tetapi tidak jelas apakah lebih banyak orang akan naik bus, dengan kelompok hak asasi menuduh bahwa beberapa pengungsi telah dipaksa menjadi sukarelawan untuk dipindahkan.

Bhashan Char adalah salah satu dari beberapa jalur berlumpur yang muncul di daerah tersebut dalam beberapa dekade terakhir.

Selanjutnya
Halaman
1 2