Kedubes Iran di Indonesia Kutuk Pembunuhan Ilmuwan Nuklir

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 11:38 WIB
Upacara Pemakaman Ahli Nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh Dimulai
Foto: Kedubes Iran kutuk pembunuhan ilmuwan nuklir (DW News)
Jakarta -

Kedutaan Besar (Kedubes) Republik Islam Iran di Indonesia mengutuk keras pembunuhan terhadap ilmuwan nuklir terkemuka, Mohsen Fakhrizadeh. Kedubes Iran menilai tindakan kriminal ini ialah untuk menghambat agenda perjanjian nuklir.

"Pada hari Jumat 27 November 2020 yang lalu melalui sebuah tindakan pengecut dan terorisme negara, Prof. Mohsen Fakhrizadeh, seorang ilmuwan terkemuka Iran dan kepala Organisasi Penelitian dan Inovasi Kementerian Pertahanan Republik Islam Iran, dibunuh secara keji," kata Kedubes Republik Islam Iran dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/12/2020).

Kedubes Iran mengajak semua pihak untuk ikut mengutuk tindakan kriminal ini. Mereka mengajak semuanya untuk mengambil tindakan kepada pelaku.

"Kedutaan Besar Republik Islam Iran dengan mengutuk keras pembunuhan brutal dan langkah tak manusiawi ini, menyerukan kepada komunitas internasional, negara-negara pecinta dan pembela hak asasi manusia serta media independen untuk mengutuk tindakan kriminal dan teroris ini serta mengambil tindakan yang diperlukan terhadap para pelaku, para pendukung dan aktor intelektual di balik serangan teroris ini," ujarnya.

Kedubes Iran, menjelaskan bahwa Syahid Prof Fakhrizadeh adalah seorang pejabat resmi Republik Islam Iran yang berperan besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tindakan pembunuhan keji terhadap dirinya merupakan langkah terorisme serta melanggar berbagai peraturan, konvensi dan kesepakatan internasional yang diakui oleh dunia.

Selanjutnya
Halaman
1 2