Jepang Akan Gratiskan Vaksin Corona untuk Seluruh Warganya

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 15:38 WIB
Warga Jepang memperingati 75 tahun bom atom Hiroshima. Dalam peringatan itu, warga tampak pakai masker dan jaga jarak untuk cegah penyebaran virus Corona.
Foto: Corona di Jepang (Getty Images/Carl Court)
Tokyo -

Pemerintah Jepang akan memberikan vaksin virus Corona secara gratis kepada semua penduduknya berdasarkan undang-undang yang baru disahkan. Kebijakan ini diambil seiring negara itu berjuang melawan jumlah kasus infeksi Corona harian yang mencapai rekor.

Dilansir AFP, Selasa (2/12/2020) RUU tersebut, yang menyatakan bahwa pemerintah akan menanggung semua biaya vaksin untuk 126 juta penduduk Jepang, telah disetujui oleh majelis tinggi parlemen, setelah disetujui di majelis rendah.

Negara ini telah mendapatkan vaksin COVID-19 untuk 60 juta orang dari raksasa farmasi Pfizer, dan untuk 25 juta orang lainnya dari perusahaan biotek Moderna.

Selain itu, Jepang juga dipastikan akan menerima 120 juta dosis vaksin AstraZeneca.

Pfizer dan Moderna sudah mengupayakan persetujuan penggunaan darurat di Amerika Serikat dan Eropa, setelah uji klinis menunjukkan bahwa vaksin mereka efektif.

Pengesahan RUU itu muncul dua minggu setelah Perdana Menteri Jepang mengatakan negara itu dalam "siaga maksimum" atas virus itu, dan ketika petugas medis memperingatkan bahwa rumah sakit bisa kewalahan.

Tonton video 'WHO: 60-70% Populasi Harus Divaksinasi Untuk Herd Immunity':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2