Rusia Klaim Gagalkan Serangan ISIS di Moskow, Tahan 1 Tersangka

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 16:17 WIB
Turki Deportasi Dua Perempuan Pendukung ISIS dan Empat Anaknya ke Jerman
Ilustrasi (DW)
Moskow -

Otoritas Rusia mengklaim pihaknya berhasil menggagalkan serangan 'teror' yang direncanakan oleh sel militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di wilayah Moskow. Satu tersangka ditangkap terkait sel militan tersebut.

Seperti dilansir Reuters dan Xinhua News Agency, Rabu (25/11/2020), Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) mengumumkan bahwa ISIS terlibat dalam rencana serangan teror di Moskow tersebut.

Laporan kantor berita Rusia, RIA News Agency, juga menyebutkan bahwa sebuah sel militan terkait rencana serangan teror itu telah terbongkar.

"FSB Rusia telah menggagalkan aktivitas lintas wilayah sel IS (ISIS-red), yang anggotanya berniat melancarkan serangan teror subversif di wilayah Moskow," demikian pernyataan FSB.

Dalam operasinya, FSB menahan satu orang terkait sel militan tersebut di wilayah Vladimir. Tidak disebut identitas si tersangka, hanya disebutkan bahwa dia berasal dari salah satu negara Asia Tengah.

Sebuah bom rakitan juga disita dalam operasi penggerebekan di lokasi yang ditinggali sel militan tersebut. FSB menyebut bahwa bom rakitan itu berisi beberapa benda berbahaya. Sejumlah dokumen disita dalam operasi yang sama.

Penyelidikan lebih lanjut tengah dilakukan terkait rencana serangan teror ini.

(nvc/rdp)