Lembaga Pemerintah AS Mulai Akui Kemenangan Biden

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 08:01 WIB
President-elect Joe Biden joins Vice President-elect Kamala Harris on stage Saturday, Nov. 7, 2020, in Wilmington, Del. (AP Photo/Andrew Harnik, Pool)
Presiden AS terpilih, Joe Biden (AP/Andrew Harnik)
Jakarta -

Lembaga yang mengurusi penyediaan perkantoran pemerintah Amerika Serikat (AS) sudah mengakui kemenangan Joe Biden di Pilpres AS. Mereka mulai mempersiapkan transisi formal dari pemerintahan Presiden Donald Trump ke Biden.

Dilansir CNN, Selasa (24/11/2020), lembaga itu adalah Administrasi Layanan Umum (The General Services Administration/GSA). Mereka mengabarkan ke Biden bahwa pemerintahan Trump sudah siap untuk menjalankan proses transisi secara formal.

Kabar ini berdasarkan surat dari Administrator GSA bernama Emily Murphy yang dikirim ke Biden pada Senin (23/11) siang dan diperoleh CNN.

Ini adalah langkah pertama pemerintahan Donald Trump mengakui kekalahannya. Langkah pertama ini diambil setelah dua pekan deklarasi kemenangan Biden di Pilpres AS 2020.

Emily Murphy dari GSA mengaku tidak tertekan oleh Gedung Putih yang menunda transisi formalnya. Dia mengambil keputusan secara independen.

"Harap diketahui saya mengambil keputusan secara independen, berdasarkan hukum dan fakta-fakta yang tersedia," kata Murphy.

"Saya tidak pernah langsung atau tidak langsung ditekan oleh pemerintah eksekutif, termasuk oleh mereka yang bekerja di Gedung Putih atau GSA," demikan kata Murphy.

Selanjutnya
Halaman
1 2