'Pembunuh Kapal Selam' Sempat Kabur dari Penjara, Denmark Perketat Keamanan

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 17 Nov 2020 12:26 WIB
Ilustrasi Penjara, Sel, Lapas, Jeruji Besi
Ilustrasi (Thinkstock)
Copenhagen -

Otoritas Denmark memperketat langkah keamanan di wilayahnya setelah seorang narapidana yang dijuluki 'pembunuh kapal selam' sempat beberapa menit kabur dari penjara dengan pengamanan super ketat, bulan lalu. Narapidana itu dibui karena membunuh seorang jurnalis asal Swedia.

Seperti dilansir AFP, Selasa (17/11/2020), Kementerian Kehakiman Denmark tidak hanya memperketat pengamanan di Penjara Herstedvester, dekat Copenhagen, ibu kota Denmark, tapi juga mengumumkan inspeksi di penjara-penjara yang ada di seluruh negara tersebut.

Tidak hanya itu, proses rekrutmen sejumlah spesialis untuk memperketat pengamanan di penjara-penjara dengan keamanan tinggi juga akan diinspeksi.

Perubahan itu diumumkan setelah seorang narapidana bernama Peter Madsen sempat kabur sebentar dari Penjara Herstedvester pada 20 Oktober lalu. Madsen dihukum penjara seumur hidup atas pembunuhan jurnalis Swedia bernama Kim Wall pada tahun 2017, saat sang jurnalis hendak mewawancarainya di dalam kapal selam buatannya.

Saat berhasil kabur sebentar, Madsen yang berusia 49 tahun ini menggunakan sabuk peledak palsu untuk mengancam seorang psikolog yang bertugas di penjara tersebut.

Kementerian Kehakiman Denmark menyatakan bahwa meskipun hanya berhasil kabur beberapa menit sebelum dikepung polisi setempat, fakta bahwa Madsen berhasil mencapai langkah sejauh itu menunjukkan pengamanan tidak cukup baik.

Sipir penjara dinyatakan tidak cukup menyadari bahwa Madsen mampu merencanakan dan melakukan tindak kejahatan serius untuk bisa kabur.