Pasukan India dan Pakistan Baku Tembak di Kashmir, 13 Orang Tewas

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 14 Nov 2020 10:25 WIB
A rainbow is seen over the mountains near Gund on Srinagar-Leh highway northeast of Srinagar, Indian controlled Kashmir, Tuesday, Sept. 8, 2020. Bakarwals are nomadic animals herders in Jammu Kashmir state, who wander in search of good pastures for their cattle. (AP Photo/Dar Yasin)
wilayah Kashmir yang disengketakan India dan Pakistan (Foto: AP/Dar Yasin)
Jakarta -

Pasukan India dan Pakistan pada hari Jumat (13/11) waktu setempat melancarkan pertempuran artileri terbesar mereka dalam setahun terakhir ini. Pertempuran itu menyebabkan lebih dari 13 orang tewas dan puluhan orang luka-luka di kedua sisi perbatasan Kashmir yang disengketakan.

Baku tembak artileri dan senapan mesin dilaporkan terjadi di sepanjang garis gencatan senjata sepanjang 740 kilometer (460 mil), yang telah memisahkan rival bersenjata nuklir itu selama tujuh dekade terakhir, kata pejabat dari kedua belah pihak seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (14/11/2020).

Ratusan penduduk desa dipindahkan dari apa yang disebut Garis Kontrol (LoC) di wilayah yang dikuasai India, sementara pejabat Pakistan mengatakan puluhan rumah terbakar akibat gempuran India di sisi wilayah mereka.

Puncak baru dalam ketegangan ini terjadi hanya lima hari setelah tiga tentara India dan tiga militan tewas dalam baku tembak di sepanjang LoC.

Pertempuran terbaru ini meletus pada Jumat (13/11) pagi waktu setempat, dengan kedua belah pihak saling menuduh melancarkan serangan "tanpa alasan", dan peluru masih ditembakkan hingga malam.

"Pakistan menggunakan mortir dan senjata lain dan dengan sengaja menargetkan wilayah sipil," demikian pernyataan militer India.

Juru bicara militer dan polisi India mengatakan, empat tentara India dan empat warga sipil, termasuk seorang bocah lelaki berusia delapan tahun tewas akibat baku tembak ini. Sedikitnya 12 pasukan keamanan dan warga sipil juga terluka.

Di sisi lain perbatasan, Raja Farooq Haider, menteri senior di Kashmir Pakistan, mengatakan lima orang tewas dan 31 lainnya luka-luka dalam baku tembak hebat di lembah Neelum dan Jhelum.

Lihat juga video 'Warga Palestina Bentrok dengan Pasukan Israel':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2