Jenderal Bintang Dua Angkatan Udara AS Terseret Kasus Pelecehan Seksual

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 11 Nov 2020 14:50 WIB
Akademi Angkatan Udara AS gelar perayaan kelulusan anak didiknya. Perayaan kelulusan itu digelar dengan tetap terapkan pembatasan sosial guna cegah Corona.
Foto: Ilustrasi akademi angkatan udara AS (AP Photo/David Zalubowski)
Washington DC -

Angkatan Udara Amerika Serikat telah mendakwa seorang perwira bintang dua atas dugaan pelecehan seksual. Kasus ini membuka kemungkinan pengadilan militer pertama untuk seorang perwira umum dalam 73 tahun sejarahnya.

Dilansir USA Today, Rabu (11/11/2020) Mayor Jenderal Angkatan Udara William Cooley didakwa dengan satu dakwaan penyerangan seksual atas sebuah insiden pada Agustus 2018, di mana Cooley diduga melakukan rayuan seksual yang tidak diinginkan dengan mencium dan menyentuh seorang wanita.

Angkatan Udara AS menyatakan bahwa wanita itu adalah warga sipil dan bukan pegawai Departemen Pertahanan.

Cooley akan menghadapi sidang pendahuluan Pasal 32, serupa dengan grand jury sipil, pada 27 Januari 2021 mendatang, di mana seorang hakim militer senior akan meninjau dakwaan tersebut. Hakim dapat memutuskan untuk mengirim kasus tersebut ke pengadilan militer.

Pengacara Cooley membantah tuduhan tersebut, dengan mengatakan Angkatan Udara tidak memiliki bukti untuk mendukung mereka dan pesan suara dari para saksi melemahkan mereka.

"Pada 27 Januari, kami bermaksud untuk menunjukkan bahwa Jenderal Cooley tidak bersalah menggunakan kata-kata penuduh itu sendiri untuk melawan pemerintah," kata pengacara Cooley, Daniel Conway.

Selanjutnya
Halaman
1 2