Pilpres AS 2020

Ratusan Ribu Surat Suara via Pos Masih Dihitung di 4 Negara Bagian Kunci

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 04 Nov 2020 17:18 WIB
A Philadelphia election worker scans ballots for the 2020 general election in the United States at the Pennsylvania Convention Center, Tuesday, Nov. 3, 2020, in Philadelphia. (AP Photo/Matt Slocum)
Petugas pemilu di Philadelphia, Pennsylvania, sedang melakukan pemindaian surat suara untuk pilpres 2020 (AP Photo/Matt Slocum)

Diketahui bahwa di Pennsylvania, sejumlah distrik belum bisa mulai menghitung ratusan ribu suara awal -- dari pemungutan suara awal atau early voting -- hingga Selasa (3/11) waktu setempat.

Lisa Deeley, yang merupakan kepala Komisioner Kota Philadelphia -- basis kuat Partai Demokrat, menyatakan pejabat pemilu belum akan memasukkan data terbaru untuk jumlah suara via pos hingga Rabu (4/11) pagi. Kota Philadelphia dilaporkan baru menghitung 75 ribu suara via pos, dari total 350 ribu surat via pos yang diterima hingga Selasa (3/11) tengah malam.

Sedangkan otoritas Luzerne County melaporkan telah menghitung 26 ribu suara via pos, dari total 60 ribu surat suara via pos yang diterima.

Di Georgia, kebanyakan distrik memilih untuk menghentikan penghitungan suara via pos pada Selasa (3/11) malam dan melanjutkannya pada Rabu (4/11) pagi. Dilaporkan bahwa di Fulton County, masih ada sedikitnya 48 ribu surat suara via pos yang belum dihitung. Jumlah itu belum termasuk surat suara via pos yang diterima hingga Selasa (3/11) waktu setempat.

Situasi genting dilaporkan terjadi di Gwinnett County yang mengalami masalah dengan software tabulasi suara. Hal ini memicu penundaan penghitungan sedikitnya 80 ribu surat suara via pos di wilayah tersebut.

Sementara di Michigan, laporan terbaru menyebut sekitar 92 ribu surat suara via pos di wilayah Detroit masih belum dihitung. Deputy Clerk kota Detroit, Andre Gilbert, menuturkan bahwa hasil tidak resmi dari penghitungan baru bisa diketahui pada Rabu (4/11) pagi waktu AS.

Di Wisconsin, proses penghitungan suara via pos dilakukan di sebuah fasilitas terpusat dan Direktur Pemilu setempat, Julietta Henry, memprediksi hasilnya baru akan diketahui pada Rabu (4/11) subuh waktu AS.

Halaman

(nvc/ita)