Pria Arab Saudi Tusuk Penjaga Konsulat Prancis di Jeddah

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 18:23 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Jakarta -

Seorang pria menusuk seorang petugas penjaga di konsulat Prancis di kota Jeddah, Arab Saudi. Pria itu dilaporkan menggunakan "alat tajam" untuk menusuk penjaga itu.

Demikian dilaporkan kantor berita resmi Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA) seperti dilansir Al-Arabiya, Kamis (29/10/2020). Penusukan di Saudi ini terjadi setelah seorang penyerang bersenjata pisau membunuh tiga orang dan melukai beberapa orang lainnya di kota Nice, Prancis.

Menurut kantor berita AFP, Kamis (29/10/2020), pelaku penyerangan di konsulat Prancis di Saudi telah ditangkap. Tidak disebutkan identitas pelaku, hanya disebut bahwa dia merupakan warga Saudi. Petugas penjaga konsulat terluka akibat penusukan tersebut. Tidak disebutkan lebih detail mengenai kondisinya.

Aksi penusukan ini terjadi di tengah meningkatnya kemarahan dunia Muslim atas pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang membela penerbitan kartun Nabi Muhammad sebagai kebebasan berekspresi. Menurut pernyataan yang dimuat oleh SPA, sumber Kementerian Luar negeri Arab Saudi mengutuk serangan teroris dan semua tindakan yang memicu kebencian dan kekerasan.

Sumber itu menambahkan bahwa mereka juga mengutuk kartun apa pun yang menyinggung Nabi Muhammad dan menolak setiap upaya untuk menghubungkan Islam dengan terorisme.

(ita/ita)