Vaksin Corona Gratis Jadi Janji Kampanye di India, Oposisi Marah

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 16:03 WIB
India melaporkan rekor lonjakan kasus infeksi virus Corona harian sebanyak 97.894 kasus dalam 24 jam terakhir.
Ilustrasi (AP Photo)
New Delhi -

Perselisihan politik pecah setelah Partai Bharatiya Janata (BJP) yang menaungi Perdana Menteri India, Narendra Modi, menjanjikan vaksin virus Corona (COVID-19) gratis dalam kampanye pemilu daerah di Bihar. Pihak oposisi menuduh partai PM Modi mempolitisasi pandemi Corona.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (23/10/2020), Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman merilis manifesto pemilu dari BJP yang menjanjikan bahwa setiap warga Bihar akan mendapati vaksin Corona gratis jika sudah tersedia nantinya.

Sitahraman bahkan menyebut setidaknya tiga vaksin telah mencapai tahap akhir uji coba dan berada di puncak produksi.

Diketahui bahwa negara bagian Bihar akan menggelar pemilu daerah pada pekan depan. Bihar merupakan negara bagian terbesar ketiga di India, dengan total populasi mencapai 122 juta jiwa.

Janji vaksin Corona gratis dari BJP itu memicu kemarahan Partai Kongres India dan partai oposisi lainnya. Kelompok oposisi bahkan menuduh partai PM Modi telah mempolitisasi pandemi Corona dan mempermainkan ketakutan publik.

India saat ini menempati peringkat kedua dalam daftar negara dengan total kasus Corona terbanyak di dunia. India berada di bawah Amerika Serikat (AS), yang sejauh ini mencatat total 8,4 juta kasus Corona.

Total kasus Corona di India saat ini melebihi 7,7 juta kasus, dengan 117.306 kematian. Pada Jumat (23/10) waktu setempat, otoritas India melaporkan 54.366 kasus Corona dan 690 kematian dalam 24 jam terakhir. Ini menandai hari kelima berturut-turut saat India melaporkan tambahan kasus harian di bawah 60 ribu kasus.

Pekan lalu, India mencatat rata-rata tambahan kasus harian melebihi 61 ribu kasus. Otoritas kesehatan India melaporkan jumlah kasus Corona aktif di wilayahnya kini mencapai di bawah 700 ribu kasus.

(nvc/ita)