Trump Akan Gunakan Hak Pilih Lebih Awal di Florida

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 14:17 WIB
President Donald Trump, accompanied by first lady Melania Trump, waves as he walks from Marine One on the South Lawn of the White House, early Friday, Oct. 23, 2020, in Washington. Trump is returning from a debate in Nashville, Tenn. (AP Photo/Alex Brandon)
Donald Trump dan istrinya, Melania, kembali ke Gedung Putih usai menghadiri debat capres terakhir di Tennessee (AP Photo/Alex Brandon)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, akan menggunakan hak pilih dalam pemungutan suara awal di negara bagian Florida pada akhir pekan ini. Pemungutan suara secara nasional baru akan digelar serentak di berbagai wilayah AS pada 3 November mendatang.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (23/10/2020), Trump menjalankan nasihatnya sendiri dan berencana menggunakan hak pilihnya secara langsung dalam pemungutan suara awal (early voting) di Florida pada Sabtu (24/10) besok. Florida merupakan negara bagian asal Trump.

Trump dilaporkan akan terbang ke negara bagian Florida pada Jumat (23/10) waktu setempat, untuk berkampanye di The Villages dan Pensacola. Dia dijadwalkan untuk bermalam di resort mewah miliknya, Mar-a-Lago di Palm Beach.

Kemudian, Trump akan menggunakan hak pilihnya pada Sabtu (24/10) waktu setempat, sebelum terbang ke wilayah utara untuk melanjutkan kampanye.

Keputusannya menggunakan hak pilih dalam pemungutan suara awal di Florida diungkapkan Trump usai menghadiri debat capres terakhir melawan rivalnya, Joe Biden, di Tennessee pada Kamis (22/10) malam waktu setempat.

Dalam pernyataan terpisah, seperti dilansir CNN, Gedung Putih juga mengumumkan Trump akan menggunakan hak pilihnya di Florida pada akhir pekan. "Presiden Trump berencana memberikan suaranya lebih awal pada Sabtu (24/10) di West Palm Beach, Florida," tutur juru bicara Gedung Putih, Judd Deere.

Awal tahun ini, Trump melontarkan klaim tak berdasar soal kecurangan yang menyelimuti pemungutan suara via pos dan menggunakan absentee ballot. Ditegaskan Trump saat itu bahwa para pemilih harus hadir langsung di tempat pemungutan suara untuk menggunakan hak pilihnya.

Absentee ballot merupakan suara yang diberikan seseorang yang tidak bisa atau tidak bersedia hadir langsung ke tempat pemungutan suara (TPS) resmi, yang menjadi tempat pemilih biasanya dialokasikan. Trump sebelumnya pernah menggunakan hak pilihnya dengan absentee ballot.

Simak video 'Sebut 'Kota Hantu', Donald Trump Dilarang Datang ke New York':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)