Trump dan Biden Berhadapan dalam Debat Capres AS Terakhir

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 08:14 WIB
Pemilu Amerika Serikat: Trump atau Biden, siapa yang unggul di daerah-daerah kunci?
Ilustrasi (BBC World)
Nashville -

Debat calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) terakhir digelar pada 22 Oktober malam di Nashville, Tennessee. Kedua capres, Presiden Donald Trump dan Joe Biden, berhadapan untuk terakhir kalinya sebelum pemilihan presiden (pilpres) digelar pada 3 November mendatang.

Seperti dilansir CNN, Jumat (23/10/2020), debat capres terakhir ini digelar di Belmont University di Nashville, Tennessee, pada Kamis (22/10) malam waktu AS, atau Jumat (23/10) pagi waktu Indonesia.

Kedua capres langsung menempati podium masing-masing begitu memasuki panggung debat. Biden tampak masih memakai masker saat memasuki arena debat, sebelum akhirnya mencopot maskernya saat berdiri di podium.

Moderator debat, Kristen Welker dari NBC, mengajukan pertanyaan pertama soal pandemi Corona yang semakin memburuk di AS. "Bagaimana Anda memimpin negara ini dalam tahapan selanjutnya menghadapi pandemi Corona?" tanya Welker.

Trump mendapat giliran pertama untuk menanggapi pertanyaan pertama tersebut. Dia membahas soal rencana distribusi vaksin Corona secara luas di wilayah AS. Sementara Biden yang menjawab selanjutnya, menjanjikan kepemimpinannya nantiakan mengakhiri pandemi Corona dengan rencana yang jelas.

Diketahui ada enam topik utama yang dibahas dalam debat terakhir, yakni memerangi COVID-19, isu keluarga-keluarga Amerika, isu ras di Amerika, soal perubahan iklim, keamanan nasional dan isu kepemimpinan.

(nvc/ita)