45 Anggota Parlemen AS Desak Pemerintah Boikot KTT G20 di Arab Saudi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 13:21 WIB
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman di Riyadh pada bulan Februari. Pemerintahan Presiden AS Donald Trump adalah sekutu utama dan pendukung putra mahkota (ANDREW CABALLERO-REYNOLDS POOL / AFP / File)
Foto: Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman di Riyadh pada bulan Februari. Pemerintahan Presiden AS Donald Trump adalah sekutu utama dan pendukung putra mahkota (ANDREW CABALLERO-REYNOLDS POOL / AFP / File)
Washington DC -

Sebanyak 45 anggota parlemen Amerika Serikat (AS) telah mendesak pemerintah AS untuk memboikot KTT G20 bulan depan di Riyadh, Arab Saudi. Mereka menganggap boikot perlu dilakukan terkait masalah-masalah hak asasi manusia (HAM) Saudi.

Dilansir AFP, Kamis (22/10/2020) surat dari para anggota Kongres AS kepada Menteri Luar Negeri Mike Pompeo itu disampaikan setelah anggota parlemen Eropa mengeluarkan resolusi bulan ini, yang menyerukan Uni Eropa untuk mengurangi tingkat kehadirannya di KTT G20, juga atas masalah HAM.

Di antara serangkaian tuntutan, anggota Kongres meminta Riyadh untuk membebaskan para aktivis yang dipenjara, mengakhiri kampanye militernya di negara tetangga Yaman, dan memberikan pertanggungjawaban atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi pada 2018 di Istanbul, Turki.

"Sebagai negara terkemuka di dunia dalam demokrasi dan hak asasi manusia, pemerintah kita harus menuntut perubahan dramatis terhadap catatan pelanggaran hak asasi manusia yang buruk di Arab Saudi," kata surat itu, dilihat oleh AFP.

Selanjutnya
Halaman
1 2