Israel Gempur Gaza Usai Serangan Roket dari Gaza

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 17:43 WIB
A warplane carries out a bombing run above Syria near the Israeli-Syrian border as it is seen from the Israeli-occupied Golan Heights , Israel July 24, 2018. REUTERS/Ammar Awad
ilustrasi jet tempur (Foto: REUTERS/Ammar Awad)
Jakarta -

Israel melancarkan serangan udara menyusul serangan roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza. Serangan ke Gaza itu dilakukan setelah Israel mengatakan telah menemukan terowongan yang mengarah dari Palestina ke wilayah Israel.

"Jet tempur IDF (Pasukan Pertahanan Israel) dan helikopter erang menghantam infrastruktur bawah tanah milik Hamas di Jalur Gaza selatan setelah serangan roket," kata militer Israel dalam sebuah pernyataan seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (21/10/2020).

Sumber-sumber keamanan Palestina mengatakan pesawat tempur Israel pada Selasa (20/10) waktu setempat menghantam dua sasaran di Khan Yunis dan Deir al-Balah milik Hamas, gerakan Islam yang memusuhi Israel dan telah memegang kekuasaan di Gaza sejak 2007.

IDF sebelumnya mengatakan bahwa roket yang ditembakkan dari daerah Khan Yunis "dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome", tanpa menyebutkan apakah itu telah menyebabkan korban atau kerusakan.

Beberapa jam sebelum serangan, tentara Israel mengumumkan telah menemukan pada hari Selasa (20/10) sebuah terowongan yang melintas "puluhan meter ke Israel dari Gaza".

Juru bicara militer Israel, Jonathan Conricus mengatakan terowongan itu melanggar kedaulatan Israel.

Selanjutnya
Halaman
1 2