5 Warga Korea Selatan Meninggal Usai Disuntik Vaksin Flu

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 17:25 WIB
Corona di Korea Selatan (AFP Photo)
Foto: Corona di Korea Selatan (AFP Photo)
Seoul -

Lima orang meninggal dunia setelah mendapat vaksin flu di Korea Selatan dalam seminggu terakhir. Hal ini meningkatkan kekhawatiran atas keamanan vaksin tersebut.

Dilansir Channel News Asia dan Reuters, Rabu (21/10/2020) pihak berwenang mengatakan tidak ada alasan untuk percaya bahwa kematian itu terkait dengan vaksin, tetapi penyelidikan, termasuk pemeriksaan mayat, sedang dilakukan.

"Itu membuat kami sulit untuk mengeluarkan pernyataan spesifik," Wakil Menteri Kesehatan Kim Gang-lip mengatakan pada briefing pada hari Rabu (21/10) tentang kematian tersebut, termasuk seorang remaja laki-laki berusia 17 tahun dan seorang pria berusia 70-an.

Terjadi hanya beberapa minggu setelah peluncuran program vaksin nasional ditangguhkan karena kekhawatiran akan keamanannya, kematian tersebut telah mendominasi berita utama di Korea Selatan.

Otoritas kesehatan Korea Selatan mengatakan pada hari Rabu ini, bahwa mereka akan melanjutkan program vaksin flu karena tidak ada alasan untuk percaya bahwa skema tersebut terkait dengan sejumlah kematian yang dilaporkan.

Jeong Eun-kyeong, direktur Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA), mengatakan akan ada penyelidikan atas kematian orang-orang yang menerima vaksin flu tersebut. Namun, badan tersebut tidak menemukan alasan untuk menangguhkan program tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2