Florida Mulai Pemungutan Suara Pemilu AS, Pemilih Pakai Masker-Jaga Jarak

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 03:00 WIB
WESTCHESTER, FLORIDA - OCTOBER 19: Voters wait in line, socially distanced from each other, to cast their early ballots at the Westchester Regional Library polling station on October 19, 2020 in Westchester, Florida. The early voting ends on Nov. 1. Voters are casting their ballots for presidential candidates President Donald Trump and Democratic presidential nominee Joe Biden.   Joe Raedle/Getty Images/AFP
Suasana pemungutan suara pemilu AS di Florida, para pemilih memakai masker dan menjaga jarak. (Foto: AFP/JOE RAEDLE)
Florida -

Pemungutan suara awal Pemilu Amerika Serikat (AS) dimulai di Florida. Wilayah itu menjadi negara bagian penting yang diperebutkan tanpa henti oleh Presiden AS Donald Trump dan penantangnya dari Partai Demokrat, Joe Biden.

Dilansir dari AFP, Senin (19/10/2020), rekor jumlah orang Amerika telah memberikan suara secara langsung atau melalui surat -- 28,6 juta, menurut salah satu pelacak -- menjelang Pemilu 3 November 2020, saat para kandidat berlomba dari satu negara bagian ke negara bagian untuk mendapatkan dukungan.

Persaingan telah berlangsung selama berbulan-bulan di delapan atau Sembilan negara bagian, tetapi mungkin tidak lebih intens dari Florida. Negara bagian itu memberikan 29 suara dari Electoral College negara bagian yang menentukan siapa yang melenggang ke Gedung Putih.

Hujan dini hari di bagian selatan Florida tampaknya tidak menghalangi para pemilih berbaris mengenakan masker dan menjaga jarak untuk memulai pemungutan suara secara langsung. Di TPS Miami Beach, seorang penulis berusia 40 tahun, Jackeline Maurice, bersemangat mengambil foto selfie 'saya memilih' setelah memberikan surat suara untuk Biden.

"Saya telah menunggu empat tahun untuk memberikan suara," kata Maurice.

Maurice mengatakan dia 'sangat optimis' tentang prospek Joe Biden. Adapun Trump, kata Maurice, para penggemar di markasnya "mencintainya, tetapi bagian Amerika lainnya tidak".

WESTCHESTER, FLORIDA - OCTOBER 19: Voters wait in line, socially distanced from each other, to cast their early ballots at the Westchester Regional Library polling station on October 19, 2020 in Westchester, Florida. The early voting ends on Nov. 1. Voters are casting their ballots for presidential candidates President Donald Trump and Democratic presidential nominee Joe Biden.   Joe Raedle/Getty Images/AFPSuasana pemungutan suara pemilu AS di Florida, para pemilih memakai masker dan menjaga jarak. (Foto: AFP/JOE RAEDLE)

Secara nasional, Biden memimpin Trump dengan 8,9 poin, menurut rata-rata jajak pendapat RealClearPolitics, dan Demokrat memiliki keunggulan yang cukup besar di 6 negara bagian yang menjadi medan tempur.

Namun, persaingan di Florida semakin ketat. Jajak pendapat di seluruh negara bagian menunjukkan Biden unggul dengan rata-rata 1,4 poin - dibandingkan dengan 4,5 poin dari 2 minggu lalu.

Biden mengirim pasangannya, Kamala Harris ke Florida untuk rapat umum di Orlando, diikuti dengan acara mobilisasi pemilih di Jacksonville.

"15 hari. Ayo selesaikan dengan kuat," cuit Biden di akun Twitternya.

"Bersama-sama, kita bisa mengakhiri empat tahun terakhir kegelapan, perpecahan, dan kekacauan. Kita bisa Bersatu, menyembuhkan luka kita, dan mulai menyembuhkan," ujarnya.

(azr/azr)