Bom Perang Dunia II di Polandia Meledak Saat Dijinakkan di Dalam Air

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 08:42 WIB
A bouy marks the site of a Second World War Tallboy bomb in the Piast Canal (Kanal Piastowski), near Swinoujscie, northwestern Poland, on October 9, 2020, where Polish divers are expected to defuse the bomb on October 12, 2020. - Polish military divers are due to begin a delicate operation on October 12, 2020 to defuse one of World War IIs most powerful types of bombs at the bottom of a navigation channel to the Baltic Sea. The five-tonne device -- nicknamed
Lokasi bom Perang Dunia II yang dijinakkan diberi tanda pelampung kuning. Foto ini diambil sebelum penjinakan dilakukan. (AFP/LUKASZ SZELEMEJ)
Warsawa -

Sebuah bom dari era Perang Dunia II di Polandia meledak saat tengah dijinakkan di dalam air. Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat ledakan tersebut.

Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Rabu (14/10/2020), bom perang yang disebut Tallboy atau bom gempa bumi ini ada di dasar Kanal Piast, dekat kota Swinoujscie. Misi penjinakan bom di dalam air yang tergolong rumit dilakukan sejumlah penyelam militer dan spesialis penjinak bom dari Angkatan Laut Polandia.

Lebih dari 750 orang yang tinggal di sekitar lokasi bom, telah dievakuasi ke tempat yang aman.

Pada Selasa (13/10) waktu setempat, pakar penjinak bom dari Angkatan Laut Polandia berupaya menetralisir bom tersebut di dalam air melalui teknik deflagrasi jarak jauh, yang berarti membakar bahan peledaknya di dalam bom. Namun dalam prosesnya, bom itu meledak dan memicu riak air cukup besar di Kanal Piast.

"Proses deflagrasi berubah menjadi ledakan. Objek tersebut dianggap telah dinetralkan, itu tidak akan memberikan ancaman lagi," tegas juru bicara Armada Pertahanan Pantai ke-8 pada Angkatan Laut Polandia, Letnan Kolonel Grzegorz Lewandowski, kepada kantor berita PAP.

Ditegaskan Lewandowski bahwa tidak ada korban jiwa maupun korban luka akibat ledakan tersebut. Meskipun getaran akibat ledakan itu bisa dirasakan oleh warga Swinoujscie.

"Semua penyelam ada di luar zona bahaya," tegasnya. "Operasi itu dilakukan dengan sempurna dan aman dan bomnya aman sekarang," imbuh Lewandowski memastikan.

Secara terpisah, Wali Kota Swinoujscie juga menyatakan tidak ada korban luka dan tidak ada infrastruktur yang rusak akibat ledakan itu.

Lihat juga video 'Gudang Bom Yordania Meledak!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2