Wali Kota Berlin Beri Bantuan Alat Kesehatan untuk DKI Jakarta

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 09 Okt 2020 15:32 WIB
Wali Kota Müller dan Dubes Oegroseno (Dok. KBRI Berlin)
Foto: Wali Kota Müller dan Dubes Oegroseno (Dok. KBRI Berlin)
Berlin -

Wali Kota Berlin, Jerman, Michael Müller menyerahkan bantuan awal berupa alat kesehatan untuk Pemerintah DKI Jakarta. Penyerahan bantuan itu secara resmi diterima oleh Dubes RI Berlin, Arif Havas Oegroseno pada Kamis (8/10/2020).

Berdasarkan keterangan tertulis dari KBRI Berlin, Jumat (9/10) bantuan awal alat kesehatan tersebut berupa 24.000 masker tipe IIR (tersertifikasi EN 14683 /ASTM F2100 level 1-2), 4.500 masker FFP 2 (tersertifikasi EN 149 /sebanding N95) dan 8000 sterile swabs in tube for PCR Test of COVID-19. Usai serah terima kepada Dubes Oegroseno, bantuan alat kesehatan tersebut akan langsung dikirimkan oleh Pemerintah Berlin ke Jakarta.

Wali Kota Müller menyebutkan bahwa pemberian bantuan awal ini ialah wujud solidaritas antara dua kota kembar yang telah menjalin kerja sama sejak April 1994. Jakarta merupakan kota pertama di Asia Tenggara yang memiliki kerja sama kota kembar dengan Berlin.

"Saat ini, seluruh belahan dunia sedang mengalami masa-masa sulit. Solidaritas kita, baik berupa bantuan kemanusiaan ataupun pertukaran pengalaman dan pengetahuan sangat nyata dibutuhkan," ungkap Wali Kota Müller.

Menurutnya, sebagai kota dengan populasi yang sangat padat, wujud solidaritas untuk Jakarta ini sangat relevan. Bantuan alat kesehatan itu diperuntukkan bagi dua rumah sakit daerah di Jakarta. Dia berharap bantuan ini bisa membantu menekan angka kasus dan meningkatkan volume tes COVID-19 di Jakarta.

Sementara itu, atas bantuan tersebut, Dubes Oegroseno mengapresiasinya.

"Atas nama Pemerintah Indonesia khususnya Pemerintah DKI Jakarta, saya mengucapkan terima kasih atas solidaritas tinggi Pemerintah Berlin. Ini melengkapi kerja sama di berbagai bidang yang telah berjalan baik selama ini," kata Dubes Oegroseno.

Tonton video 'Apa Isi Perpres Vaksin Corona?':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2