International Updates

Trump Klaim Menangi Debat Pertama, Biden Ucap 'Insyaallah' Saat Debat

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 17:46 WIB
Joe Biden dan Donald Trump (AP Photo)
Joe Biden dan Donald Trump (AP Photo)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengklaim dirinya memenangi debat capres pertama dengan rivalnya, Joe Biden, dari Partai Demokrat. Biden menjadi pembahasan hangat di media sosial setelah sempat mengucapkan 'Insyaallah' saat membahas soal laporan pajak Trump dalam debat 29 September.

Trump menyampaikan klaim kemenangan itu saat menemui pendukungnya dalam kampanye di Duluth, Minnesota, pada Rabu (30/9) waktu setempat. Trump dengan yakin menyatakan dirinya menang besar dalam debat pertama dengan Biden di Cleveland, Ohio.

Sementara itu, perbincangan di media sosial menyebut bahwa ungkapan 'insyaallah' yang diucapkan oleh Biden saat debat capres ialah sindiran untuk Trump, yakni soal ketidakpastian pengembalian pajak Trump. Trump dianggap hanya mengembalikan pajak jika Tuhan berkehendak.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (1/10/2020):

- Biden Sebut Penampilan Trump dalam Debat Capres 'Aib Nasional'

Calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden, menyebut penampilan Presiden Donald Trump dalam debat capres perdana sebagai 'aib nasional'. Komentar ini dilontarkan setelah Trump tidak membahas kekhawatiran rakyat AS dan enggan mengecam kelompok supremasi kulit putih dengan tegas.

"Mungkin saya tidak boleh mengatakan ini, tetapi Presiden Amerika Serikat bersikap seperti itu (saat debat capres) -- saya pikir itu menjadi aib nasional," ucap Biden seperti dilansir AFP, Kamis (1/10/2020).

Diketahui bahwa Biden dan Trump terlibat perang kata-kata yang sengit dalam debat capres perdana di Cleveland, Ohio, pada Selasa (29/9) malam waktu AS. Kedua capres saling melancarkan serangan personal, namun Trump secara luas dianggap lebih banyak mengganggu Biden sepanjang debat, hingga Biden akhirnya meminta Trump untuk 'diam'.

- Trump Klaim Menangi Debat Capres Pertama dengan Biden

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengklaim dirinya memenangkan debat calon presiden (capres) perdana dengan penantangnya, Joe Biden, capres dari Partai Demokrat. Trump menyebut dirinya berhasil mengekspose agenda berbahaya Biden.

Seperti dilansir Associated Press dan Fox News, Kamis (1/10/2020), Trump menyampaikan klaim kemenangan itu saat menemui pendukungnya dalam kampanye di Duluth, Minnesota, pada Rabu (30/9) waktu setempat. Di hadapan pendukungnya, Trump mengakui dirinya menikmati debat dengan Biden.

"Saya sangat menikmati debat semalam dengan Sleepy Joe," ujar Trump merujuk pada nama panggilan Biden yang biasa digunakannya.

"Putusannya sudah ditetapkan dan mereka mengatakan bahwa kita, kita semua, menang besar semalam," klaim Trump kepada para pendukungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2