Jelang Olimpiade 2024, Prancis Akan Uji Coba Taksi Terbang

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 02:18 WIB
Taksi Terbang Rolls Royce
ilustrasi taksi terbang (Foto: AFP/Getty Images)
Paris -

Otoritas Prancis akan menguji coba taksi terbang. Taksi terbang ini akan lepas landas di bandara Pontoise-Cormeilles-en-Vexin.

Dilansir AFP, uji coba ini akan berlansung selama 90 menit. Hal ini diumumkan secara langsung oleh operator bandara Groupe ADP dan badan transportasi umum Prancis.

Taksi terbang itu dijuluki VoloCity. Kendaraan itu diproduksi oleh perusahaan Jerman, Volocopter. Kendaraan ini diciptakan untuk menunjang transportasi di Prancis terutama saat perhelatan Olimpiade 2024.

"Selain itu, prospek Olimpiade dan Paralimpiade 2024 memberikan peluang luar biasa untuk melibatkan seluruh industri untuk menjadikan wilayah Paris ini (menjadi) pemimpin dalam pasar global mobilitas udara perkotaan," sebuah pernyataan dilansir dari AFP, Kamis (10/1/2020).

Uji coba akan dilakukan dengan memperhatikan keselamatan dan persetujuan warga. Pada paruh pertama tahun 2021, pemerintah Prancis akan membangun tempat parkir, pengisian listrik, serta marka taksi terbang.

VoloCity dilengkapi dengan 18 rotor dan sembilan unit baterai. VoloCity dapat mengangkut dua penumpang dengan muatan maksimum 200 kilogram.

(isa/isa)