Trump Calonkan Amy Coney Barrett Jadi Hakim Agung Pengganti Ginsburg

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 27 Sep 2020 07:34 WIB
President Donald Trump speaks with reporters as he walks to Marine One on the South Lawn of the White House, Tuesday, Sept. 15, 2020, in Washington. Trump is en route to Philadelphia. (AP Photo/Alex Brandon)
Foto: Presiden AS Donald Trump (AP Photo/Alex Brandon)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mencalonkan Amy Coney Barrett menjadi calon hakim agung ke Mahkamah Agung. Amy Coney Barrett dicalonkan sebagai pengganti almarhum hakim agung Ruth Bader Ginsburg.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Minggu (27/9/2020), Trump menyebut Barrett, yang berdiri di sampingnya di Rose Garden Gedung Putih, sebagai "salah satu pemikir hukum paling cemerlang dan berbakat."

Partai Republik dinilai hampir pasti akan mengkonfirmasi pencalonan Barrett. Trump memperkirakan bahwa calonnya untuk Mahkamah Agung itu akan mendapatkan konfirmasi 'sangat cepat' di senat yang dikuasai Partai Republik.

"Ini harus menjadi konfirmasi yang lugas dan cepat," kata Trump.

Partai Demokrat mengeluh bahwa Trump seharusnya tidak menunjuk hakim baru yang sangat dekat dengan pemilihan presiden, dimana dia saat ini tertinggal dalam pemilihan. Namun, Partai Republik memiliki suara di senat untuk mengonfirmasi pencalonan Barrett.

Sebelumnya, Trump mengatakan bahwa dia akan mengumumkan calonnya untuk hakim agung Mahkamah Agung yang kosong pada akhir minggu ini.

Dilansir AFP, Selasa (22/9), turun dalam jajak pendapat melawan capres Demokrat Joe Biden dan secara luas dikritik karena penanganannya terhadap pandemi virus Corona, Partai Republik memanfaatkan kekosongan mendadak di Mahkamah Agung sebagai cara untuk mengubah topik pembicaraan dan membebani basis sayap kanannya.

"Kami akan membuat keputusan mungkin Sabtu, mungkin Jumat, antara lima kandidat perempuan," kata Trump kepada wartawan, Senin (21/9).

(rfs/rfs)