Trump Tuai Kritik karena Yakin Vaksin Corona Bakal Siap Oktober

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 10:11 WIB
President Donald Trump speaks with reporters as he walks to Marine One on the South Lawn of the White House, Tuesday, Sept. 15, 2020, in Washington. Trump is en route to Philadelphia. (AP Photo/Alex Brandon)
Foto: Presiden AS Donald Trump (AP Photo/Alex Brandon)

Calon presiden dari Partai Demokrat itu mengatakan penolakan Trump untuk mengambil langkah-langkah kunci untuk mengatasi pandemi, seperti melembagakan pedoman nasional tentang jarak dan pengujian sosial, "benar-benar didiskualifikasi" untuk kursi kepresidenan.

Biden yang mengaku menerima pengarahan dari para ahli kesehatan masyarakat, mengatakan bahwa dia mendukung vaksin COVID-19 yang cepat untuk membantu kehidupan Amerika kembali normal, tetapi menurutnya prosesnya harus dipandu oleh sains dan keamanan, bukan politik.

Sebelumnya, pada hari Selasa (15/9), Trump mempercepat prediksinya sendiri yang sudah optimis, dengan mengatakan vaksin Corona mungkin tersedia bahkan sebelum pemilihan presiden 3 November.

"Kita dalam beberapa minggu lagi untuk mendapatkannya, Anda tahu - bisa jadi tiga minggu, empat minggu," katanya pada sesi tanya jawab di balai kota dengan para pemilih di Pennsylvania yang disiarkan di ABC.

Halaman

(rdp/ita)