Pengganti Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe Segera Dipilih

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 10:25 WIB
Para kandidat pengganti PM Jepang Shinzo Abe (AFP Photo)
Foto: Para kandidat pengganti PM Jepang Shinzo Abe (AFP Photo)
Tokyo -

Partai berkuasa di Jepang menggelar pemungutan suara untuk memilih perdana menteri baru pengganti Shinzo Abe yang memutuskan mundur. Penasihat utama pemerintah Yoshihide Suga disebut yang paling berpeluang menggantikan Abe.

Dilansir AFP, Senin (14/9/2020) Kepala sekretaris kabinet, Suga diperkirakan akan memenangkan pemungutan suara Partai Demokrat Liberal (LDP), dengan pemungutan suara parlemen pada Rabu (16/9) ditetapkan untuk mengangkatnya ke jabatan tertinggi negara itu.

Bahkan sebelum dia secara resmi mengumumkan pencalonannya, pria berusia 71 tahun itu telah memenangkan dukungan dari faksi-faksi utama dalam partai yang berkuasa, dengan pencalonannya dipandang sebagai stabilitas yang menjanjikan dan kelanjutan dari kebijakan Abe.

LDP telah memutuskan untuk memilih hanya anggota parlemennya di parlemen dan tiga perwakilan dari masing-masing 47 wilayah negara itu. Hal ini dimaksudkan guna menghindari pemungutan suara yang lebih luas termasuk anggota pangkat dan berkas yang menurut para pejabat akan memakan waktu terlalu lama untuk diorganisir.

Format itu diharapkan semakin memperkuat Suga melawan dua pesaingnya, mantan menteri pertahanan Shigeru Ishiba dan kepala kebijakan LDP Fumio Kishida.

Ishiba populer di kalangan pemilih Jepang, tetapi dipandang dengan kecurigaan oleh beberapa pihak di partainya karena pernah meninggalkan barisan dan juga menantang kepemimpinan Abe.

Lihat video saat 'Mendadak! Shinzo Abe Mengundurkan Diri':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2