Malaysia Laporkan 24 Kasus Corona Sehari, Salah Satunya WNI

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 10:47 WIB
Otoritas Malaysia kembali memperpanjang penerapan lockdown untuk membatasi penyebaran virus Corona (COVID-19).
Ilustrasi (AP Photo)
Kuala Lumpur -

Otoritas Malaysia melaporkan 24 kasus infeksi virus Corona (COVID-19) dalam sehari. Terdapat enam kasus impor di antara kasus baru itu, dengan salah satunya seorang warga negara Indonesia (WNI) yang tiba di Malaysia sebelum larangan masuk efektif diterapkan.

Seperti dilaporkan kantor berita Bernama dan dilansir Channel News Asia, Kamis (10/9/2020), Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah, mengumumkan bahwa 24 kasus baru itu terdiri atas 18 kasus penularan lokal (kasus domestik) dan enam kasus impor atau penularannya terjadi di luar negeri.

Enam kasus impor itu, menurut Dr Noor Hisham, terdiri atas dua warga negara Bangladesh yang ada di Negeri Sembilan dan Kuala Lumpur, satu warga negara China dan satu warga negara Indonesia (WNI) di Sabah, satu warga negara Singapura di Sarawak dan satu warga negara Korea Selatan di Selangor.

Keenam warga negara asing itu disebut masuk ke wilayah Malaysia sebelum larangan masuk untuk warga dari 23 negara, termasuk Indonesia, resmi diberlakukan mulai Senin (7/9) waktu setempat. Malaysia melarang warga dari negara-negara dengan total lebih dari 150 ribu kasus Corona untuk masuk ke wilayahnya.

"Kasus-kasus impor yang melibatkan non-warga negara telah memasuki Malaysia sebelum larangan masuk diberlakukan pada 7 September," sebut Dr Noor Hisham dalam pernyataannya.

"Kedua warga Bangladesh itu tiba di Malaysia pada 6 September dan diperiksa pada hari yang sama, sementara kasus dari China tiba pada 5 September dan diperiksa pada 6 September," imbuhnya.

Disebutkan Dr Noor Hisham bahwa hasil tes Corona terhadap keenam warga negara asing itu dinyatakan positif pada Rabu (9/9) waktu setempat.

Sejauh ini, Malaysia melaporkan total 9.583 kasus Corona di wilayahnya. Dr Noor Hisham menyebut tujuh kasus Corona masih menjalani perawatan medis di Unit Perawatan Intensif (ICU), dengan empat pasien membutuhkan bantuan ventilator.

Tidak ada tambahan kematian sepanjang Rabu (9/9) waktu setempat, sehingga total kematian akibat Corona di Malaysia masih mencapai 128 orang. Sedikitnya 9.143 pasien Corona di Malaysia telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit atau fasilitas isolasi.

(nvc/ita)