Trump Akan Umumkan Penarikan Pasukan AS dari Irak dan Afghanistan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 13:13 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menggelar jumpa pers terkait virus Corona. Namun jumpa pers itu sempat dihentikan sementara karena ada penembakan di luar gedung putih.
Foto: Presiden AS Donald Trump (AP Photo/Andrew Harnik)

Tetapi pasukan tambahan AS dikerahkan beberapa tahun kemudian untuk mendukung pasukan Irak dalam perang mereka melawan ISIS, yang melakukan serangan besar-besaran pada musim panas 2014.

Di Afghanistan, AS saat ini memiliki 8.600 tentara sesuai dengan perjanjian bilateral yang ditandatangani pada Februari lalu antara Washington dan Taliban.

Pentagon mengatakan pada Agustus bahwa tujuannya adalah menurunkan kurang dari 5.000 tentara saat pembicaraan damai antar-Afghanistan berlangsung.

Trump sebelumnya menyebutkan dalam sebuah wawancara dengan Axios, bahwa Gedung Putih bertujuan untuk mencapai 4.000 hingga 5.000 tentara di Afghanistan pada pemilihan presiden AS November mendatang.

Di bawah kesepakatan AS-Taliban, semua pasukan asing harus meninggalkan negara itu pada musim semi 2021, dengan imbalan komitmen keamanan dari militan.

Halaman

(rdp/ita)