International Updates

Raja Salman Telepon Trump Bahas Palestina, Corona di India Peringkat 2 Dunia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 17:27 WIB
Saudi Arabias King Salman bin Abdulaziz Al Saud presides over a cabinet meeting in Riyadh, Saudi Arabia, December 12, 2017. Saudi Press Agency/Handout via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS PICTURE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. NO RESALES. NO ARCHIVE.
Raja Salman (Foto: Saudi Press Agency/Handout via REUTERS)

Seperti dilansir Channel News Asia, Senin (7/9/2020), Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) dalam pernyataannya menyebut total 57.022 kasus Corona kini terkonfirmasi di wilayah Singapura. Total kematian akibat Corona di negara ini mencapai 27 orang.

MOH menyebut bahwa 40 kasus baru yang dilaporkan pada Minggu (6/9) waktu setempat itu terdiri atas empat kasus domestik atau penularan di tengah masyarakat, kemudian 13 kasus impor atau penularan terjadi di luar negeri dan 23 kasus lainnya yang terdeteksi di asrama-asrama pekerja migran.

- Telepon Trump, Raja Salman Tegaskan Saudi Ingin Solusi Adil Bagi Palestina

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, berbicara via telepon dengan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Dalam percakapan itu, Raja Salman memberitahu Trump bahwa Saudi sangat menginginkan solusi adil dan permanen bagi isu Palestina.

Seperti dilansir Reuters, Senin (7/9/2020), percakapan telepon antara Raja Salman dan Trump yang terjadi pada Minggu (6/9) waktu setempat ini menindaklanjuti perjanjian bersejarah antara Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel yang dimediasi AS bulan lalu.

Di bawah perjanjian itu, UEA sepakat menormalisasi hubungan diplomatik dengan Israel. UEA menjadi negara Arab ketiga yang melakukan langkah tersebut, setelah Mesir dan Yordania.

- Arab Saudi Vonis Mati 3 Warganya Terkait Serangan di Jeddah

Pengadilan Arab Saudi menjatuhkan vonis mati terhadap tiga terdakwa terkait serangan mematikan di Jeddah tahun 2017 lalu. Dalam serangan itu, dua pelaku lainnya meledakkan diri usai terlibat baku tembak dengan polisi.

Seperti dilaporkan televisi nasional Saudi, Al Ekhbariya TV dan dilansir Reuters, Senin (7/9/2020), dalam insiden tahun 2017 ini, pasukan keamanan Saudi mengepung sebuah rumah di Jeddah dan terlibat baku tembak dengan dua pria yang kemudian meledakkan diri.

Kedua pria yang meledakkan diri itu disebut memiliki keterkaitan dengan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

- Geser Brasil, India Catat Kasus Corona Terbanyak Kedua di Dunia

Otoritas India kembali melaporkan lebih dari 90 ribu kasus virus Corona (COVID-19) dalam sehari di wilayahnya. Dengan lonjakan itu, total kasus Corona di India kini melebihi 4,2 juta kasus dan berhasil menggeser Brasil yang sebelumnya ada di peringkat kedua untuk total kasus Corona tertinggi di dunia.

Seperti dilansir Associated Press dan media lokal, NDTV, Senin (7/9/2020), Kementerian Kesehatan India melaporkan 90.802 kasus Corona dalam 24 jam terakhir. Ini merupakan hari kedua saat India melaporkan lebih dari 90 ribu kasus Corona dalam sehari. Pada Minggu (6/9), India melaporkan 90.632 kasus Corona dalam 24 jam terakhir.

Dengan lonjakan itu, total 4.204.613 kasus Corona kini terkonfirmasi di wilayah India.

Halaman

(ita/ita)