Arab Saudi Buka Wilayah Udaranya untuk Penerbangan UEA-Israel

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 16:19 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi (iStock)

Beberapa hari sebelumnya, sebuah penerbangan maskapai Israel, El Al Airlines, diperbolehkan terbang ke UEA dengan melewati wilayah udara Saudi. Penerbangan itu merupakan penerbangan komersial perdana rute Tel Aviv-Abu Dhabi setelah UEA dan Israel sepakat menormalisasi hubungan diplomatik.

Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu, dalam pernyataannya menyebut penerbangan komersial rute UEA-Israel dengan melewati wilayah udara Saudi pada Senin (31/8) tidak akan menjadi yang terakhir.

"Sekarang ada terobosan luar biasa lainnya. Pesawat-pesawat Israel dan pesawat dari semua negara akan bisa terbang langsung dari Israel ke Abu Dhabi dan Dubai, dan sebaliknya," sebut Netanyahu, tanpa memberikan batasan waktu.

"Penerbangan akan lebih murah dan lebih pendek, dan akan mengarah pada pariwisata yang kuat dan mengembangkan perekonomian kita," imbuhnya.

Ini bukan pertama kalinya Saudi membuka wilayah udaranya untuk penerbangan tujuan Israel. Pada Maret 2018, maskapai Air India meluncurkan rute perdana menuju Israel yang diperbolehkan terbang melewati wilayah udara Saudi.

Halaman

(nvc/rdp)