Korsel Diterjang Topan Maysak, 2 Ribu Orang Dievakuasi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 09:49 WIB
Topan Maysak terjang Korea Selatan (AFP Photo)
Foto: Topan Maysak terjang Korea Selatan (AFP Photo)
Seoul -

Topan Maysak kuat melanda wilayah semenanjung Korea. Setidaknya satu orang tewas di Korea Selatan (Korsel) dan lebih dari 2.000 orang dievakuasi ke tempat penampungan sementara akibat bencana alam ini.

Seperti dilansir AFP, Kamis (3/9/2020), topan Maysak - dinamai menurut bahasa Kamboja untuk sejenis pohon - menerjang daratan Korsel pada Kamis (3/9) pagi waktu setempat, tepatnya di pantai selatan Busan. Topan ini menumbangkan tiang lampu lalu lintas dan pepohonan serta membanjiri jalanan.

Sedikitnya satu wanita tewas setelah hembusan angin kencang menghancurkan jendela apartemennya di Busan. Sementara seorang pria berusia 60-an terluka ketika angin menjatuhkan sebuah lemari pendingin outdoor yang kemudian menimpanya.

Lebih dari 2.200 orang dievakuasi ke tempat penampungan sementara dan sekitar 120.000 rumah tidak mendapat aliran listrik sepanjang malam di seluruh bagian selatan negara itu dan juga di Pulau Jeju.

Topan Maysak saat ini sedang bergerak menuju ke sisi timur semenanjung ke Laut Jepang, yang dikenal sebagai Laut Timur di Korea, dengan kecepatan hingga 140 kilometer per jam.

"Pengaruh topan di negara kami secara bertahap akan melemah," kata Badan Meteorologi Korea Selatan, memperkirakan hujan lebat dan angin kencang di wilayah timur.

Topan Maysak Ngamuk di Korea Selatan:

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2