International Updates

Kapal AS Tantang China, Swedia Larang Politikus Ikut Aksi Bakar Al-Quran

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 29 Agu 2020 17:38 WIB
The Arleigh Burke-class guided-missile destroyer USS Mustin (DDG 89) conducts routine operations in the South China Sea. Mustin is forward-deployed to the U.S. 7th Fleet area of operations in support of security and stability in the Indo-Pacific region. (U.S. Navy photo by Mass Communication Specialist 3rd Class Cody Beam)
Kapal perang AS yang bernama USS Mustin (U.S. Navy photo by Mass Communication Specialist 3rd Class Cody Beam)

- Politikus Dilarang Ikut Aksi Pembakaran Al-Quran, Kerusuhan Pecah di Swedia

Para pengunjuk rasa melemparkan batu ke arah polisi dan membakar ban di selatan Swedia pada Jumat (28/8/2020) malam waktu setempat. Insiden ini terjadi beberapa jam setelah seorang politikus asal Denmark yang dikenal anti-Muslim dilarang untuk menghadiri aksi pembakaran Al-Quran di Swedia.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (29/8/2020), sekitar 300 orang turun ke jalanan wilayah Malmo, Swedia, dengan aksi kekerasan yang meningkat seiring berlalunya malam, menurut polisi dan media lokal. Orang-orang itu menghadiri aksi anti-Islam yang masih terkait insiden sehari sebelumnya saat pengunjuk rasa membakar salinan kitab suci Islam tersebut, juru bicara polisi Rickard Lundqvist mengatakan kepada tabloid Swedia Expressen.

Rasmus Paludan, pemimpin partai garis keras anti-imigran Denmark, melakukan perjalanan ke Malmo untuk berbicara dalam aksi anti-Islam itu, yang diadakan pada hari yang sama dengan ibadah sholat Jumat.

Tetapi pihak berwenang mencegah kedatangan Paludan dengan mengumumkan bahwa dia telah dilarang memasuki Swedia selama dua tahun. Dia kemudian ditangkap di dekat Malmo.

- China Tangkap 12 Orang yang Kabur dari Hong Kong Pakai Speedboat

Otoritas China menangkap sedikitnya 12 orang yang berusaha kabur dari Hong Kong dengan sebuah kapal cepat atau speedboat. Di antara belasan orang yang ditangkap, terdapat seorang aktivis yang pernah ditangkap di bawah Undang-undang (UU) keamanan nasional Hong Kong yang kontroversial.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (29/8/2020), kapal yang digunakan untuk kabur dari Hong Kong itu berhasil dicegat oleh kapal patroli pantai China pada Jumat (28/8) waktu setempat. Laporan media lokal menyebut kapal itu bergerak menuju wilayah Taiwan.

Sejumlah media lokal melaporkan bahwa dari 12 orang yang ditangkap itu, terdapat seorang aktivis bernama Andy Li yang sempat ditangkap pada awal bulan ini atas tuduhan berkolusi dengan kekuatan asing -- sebuah tindak kriminal di bawa UU keamanan nasional Hong Kong yang memiliki ancaman penjara seumur hidup.

- Seluruh Sekolah di Wuhan Akan Dibuka Mulai 1 September

Kota Wuhan yang menjadi titik nol pandemi virus Corona (COVID-19) di China akan membuka kembali seluruh sekolahnya. Lebih dari 2.800 sekolah dan institusi pendidikan di Wuhan akan kembali melakukan kegiatan belajar-mengajar secara langsung mulai Selasa (1/9) mendatang.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (29/8/2020), pemerintah kota Wuhan mengumumkan bahwa sebanyak 2.842 institusi pendidikan, mulai dari Taman Kanak-kanak (TK) hingga perguruan tinggi, akan membuka pintunya untuk nyaris 1.4 juta siswa saat semester musim gugur dimulai pada awal September.

Universitas Wuhan akan mulai dibuka pada Senin (31/8) mendatang.

Halaman

(nvc/nvc)