Pemimpin Dunia Puji Kontribusi PM Jepang yang Mundur karena Sakit

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 29 Agu 2020 14:07 WIB
Japanese Prime Minister Shinzo Abe downs his head as he says he is stepping down during a press conference at the prime minister official residence in Tokyo Friday, Aug. 28, 2020. Japans longest-serving prime minister Abe said Friday he intends to step down because a chronic health problem has resurfaced. He told reporters that it was “gut wrenching” to leave so many of his goals unfinished. (Kyodo News via AP)
Shinzo Abe saat mengumumkan pengunduran dirinya sebagai PM Jepang (Kyodo News via AP)

Kanselir Jerman, Angela Merkel, mengirimkan pesan yang memuji Abe sebagai pemimpin yang 'selalu menjadi mitra konstruktif dan dapat diandalkan dalam komitmen bersama untuk multilateralisme, perdagangan bebas, resolusi konflik dan ketertiban'.

"Untuk masa mendatang, saya mengharapkan kesembuhan Anda dengan cepat dan sepenuhnya dan kesejahteraan pribadi," tulis Merkel dalam pernyataannya untuk Abe.

Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab, memberikan penghormatan untuk 'hal-hal hebat' yang dicapai Abe selama menjabat PM Jepang. "Dia membuat persahabatan Inggris-Jepang diperkuat, yang kami harapkan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Saya harap dia baik-baik saja untuk selanjutnya," ucap Raab.

PM Australia, Scott Morrison, menyebut Abe sebagai 'sahabat sejati Australia'. Morrison berterima kasih kepada Abe atas komitmennya yang abadi pada hubungan Australia-Jepang selama dia menjabat.

"Perdana Menteri Abe merupakan sosok berintegritas dan bijaksana. Dia menjadi negarawan senior di wilayah kami dan di seluruh dunia, seorang pendukung kuat perdagangan bebas dan diplomat internasional yang luar biasa untuk Jepang," puji Morrison.

PM India, Narendra Modi, memuji Abe atas kepemimpinan dan komitmen dalam hubungan India dan Jepang. "Dalam beberapa tahun terakhir, dengan kepemimpinan Anda yang bijak dan komitmen pribadi, kemitraan India-Jepang telah menjadi lebih dalam dan lebih kuat dari sebelumnya," tulis Modi via Twitter.

"Sedih mendengar soal kesehatanmu yang memburuk, temanku," imbuhnya. "Saya mengharapkan dan mendoakan kesembuhan cepat bagi Anda," tandas Modi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3