Iran Sudah Bertemu Kepala Badan Pengawas Nuklir Dunia, Bahas Apa?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 25 Agu 2020 17:33 WIB
Kepala IAEA Rafael Marioano (AFP Photo)
Foto: Kepala IAEA Rafael Marioano (AFP Photo)
Jakarta -

Badan nuklir Iran mengatakan telah mengadakan pembicaraan "konstruktif" pada Selasa (25/8/2020) dengan kepala Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA). Pembicaraan ini digelar di tengah ketegangan atas upaya Amerika Serikat untuk memberlakukan kembali sanksi PBB.

Seperti dilansir dari AFP, Selasa (25/8/2020), ini merupakan kali pertama bagi Kepala IAEA Rafael Mariano Grossi berkunjung ke republik Islam itu, sejak ia memimpin badan PBB yang berbasis di Wina, Austria itu tahun lalu.

Itu terjadi lebih dari dua tahun setelah Presiden AS Donald Trump menarik diri dari perjanjian internasional penting yang membatasi program nuklir Iran dengan imbalan keringanan sanksi.

Grossi pertama kali bertemu dengan kepala badan atom Iran, Ali Akbar Salehi. Nantinya dia akan bertemu Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif.

"Sebuah babak baru telah dimulai dengan kunjungan ini," kata Salehi setelah pertemuan tersebut, dikutip oleh kantor berita negara IRNA.

"Pembicaraan hari ini konstruktif," tambahnya.

Dia menjelaskan bahwa IAEA akan melanjutkan tugasnya secara independen. "Diputuskan bahwa badan tersebut melanjutkan pekerjaannya secara profesional dan independen dan Iran, juga, bertindak dalam kerangka komitmennya."

Dalam sebuah pernyataan sebelum pertemuan, badan nuklir itu mengatakan Iran mengharapkan IAEA "menjaga netralitas dalam situasi apa pun dan menahan diri untuk tidak memasuki permainan politik internasional."

Selanjutnya
Halaman
1 2