Biden Kritik Keras Trump yang Lontarkan Serangan Rasis ke Kamala Harris

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 15 Agu 2020 09:41 WIB
Kamala Harris
Foto: Kamala Harris (Instagram kamalaharris)
Washington DC -

Calon Presiden AS dari Partai Demokrat Joe Biden melontarkan kritik keras kepada Donald Trump. Biden dalam kampanyenya mengatakan presiden AS itu telah menggunakan kebohongan "menjijikkan" tentang kelayakan Kamala Harris untuk menjadi wakil presiden.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (15/8/2020), Biden menunjuk Harris, seorang wanita kulit hitam AS dan secara konstitusional memenuhi syarat untuk menjadi wakil presiden dan presiden, sebagai pasangannya pada hari Selasa (11/8/2020). Dia dengan cepat menghadapi serangan yang dianggap rasis oleh Demokrat.

"Saya mendengar hari ini bahwa dia tidak memenuhi persyaratan," kata Trump Kamis (13/8), mengutip artikel yang ditulis seorang profesor hukum konservatif yang mempertanyakan status imigrasi orang tua Harris pada saat dia lahir.

Tonton juga 'Kamala Harris Disebut Tak Sah Jadi Cawapres, Ini Respons Trump':

[Gambas:Video 20detik]

Harris (55) lahir di Oakland, California dari seorang ibu asal India dan ayah asal Jamaica.

Trump "telah berusaha untuk memicu rasisme dan memecah-belah bangsa kita," kata juru bicara Biden, Andrew Bates, dalam sebuah pernyataan, mengacu pada "gerakan birther rasis yang aneh" yang dipimpin oleh Trump yang mempromosikan kebohongan bahwa Barack Obama, presiden kulit hitam pertama negara itu, tidak lahir di Amerika Serikat.

"Jadi tidak mengherankan, tetapi tidak kalah menjijikkan, bahwa ketika Trump membodohi dirinya sendiri yang berusaha mengalihkan perhatian orang-orang Amerika dari korban mengerikan penanganan virus Corona yang gagal sehingga kampanyenya dan sekutu mereka akan menggunakan kebohongan yang menyedihkan, terbukti salah dalam kebohongan menyedihkan mereka. Keputusasaan," ungkap Bates.

Selanjutnya
Halaman
1 2