Afghanistan Mulai Bebaskan 400 Tahanan Taliban

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 14 Agu 2020 12:11 WIB
Taliban Ancam Akhiri Perdamaian Jika Pemerintah Khianati Perjanjian
Foto: Taliban di Afghanistan (DW News)
Kabui -

Pemerintah Afghanistan telah mulai membebaskan 400 tahanan Taliban. Soal penahanan militan Taliban merupakan rintangan terakhir dalam memulai pembicaraan soal perdamaian yang telah lama tertunda antara kedua pihak yang bertikai.

Seperti dilansir dari AFP, Jumat (14/8/2020) sekelompok 80 tahanan dibebaskan pada Kamis (13/8), kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Javid Faisal. Dia menulis itu di Twitter dan mengatakan bahwa itu akan "mempercepat upaya untuk pembicaraan langsung dan gencatan senjata nasional yang langgeng".

Pembebasan mereka disetujui pada akhir pekan dalam pertemuan ribuan orang terkemuka Afghanistan yang dipanggil oleh Presiden Ashraf Ghani setelah pihak berwenang pada awalnya menolak untuk membebaskan para militan tersebut. Mereka dituduh melakukan kejahatan serius termasuk serangan brutal yang menewaskan warga Afghanistan dan orang asing.

Kedua belah pihak mengatakan mereka siap untuk memulai pembicaraan di Doha, Qatar, dalam beberapa hari setelah para tahanan dibebaskan.

Selanjutnya
Halaman
1 2