Jet Tempur Rusia Cegat 2 Pesawat Pengintai AS di Atas Laut Hitam

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 11 Agu 2020 16:06 WIB
jet tempur Sukhoi
Ilustrasi -- Jet tempur Rusia (Reuters)
Moskow -

Kementerian Pertahanan Rusia mengungkapkan bahwa sebuah jet tempur Rusia dikerahkan untuk mencegat sebuah dua pesawat pengintai milik militer Amerika Serikat (AS) yang mengudara di atas perairan Laut Hitam.

Seperti dilansir Xinhua News Agency, Selasa (11/8/2020), Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya menyebut sebuah jet tempur Su-27 dikerahkan untuk mencegat sebuah pesawat pengintai AS jenis P-8A milik Angkatan Laut AS dan jenis RC-135 milik Angkatan Udara AS.

Pencegatan dilakukan saat dua pesawat militer AS mendekati perbatasan di atas Laut Hitam. Tidak disebutkan lebih lanjut kapan insiden itu terjadi.

"Sistem kendali udara Rusia telah mendeteksi dua target di udara yang mendekati perbatasan negara Rusia di atas perairan netral Laut Hitam," demikian laporan layanan siaran Zvezda pada Kementerian Pertahanan Rusia.

Menurut Zvezda, sebuah jet tempur Rusia jenis Su-27 dari Distrik Militer Selatan dikerahkan untuk mencegat dua target tersebut di udara.

Setelah dua pesawat AS itu terbang menjauhi perbatasan Rusia, jet tempur Rusia kembali dengan selamat ke pangkalan udaranya.

Dalam beberapa pekan terakhir, jet-jet tempur AS secara rutin dikerahkan untuk mencegat pesawat-pesawat pengintai AS yang mengudara di atas Laut Hitam.

(nvc/ita)