Tikam Mati Suaminya, Wanita Inggris Dibui 3,5 Tahun di Malaysia

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 17:48 WIB
British national Samantha Jones, accused of killing her husband in 2018, is escorted by a police officer to a van after appearing in court in Alor Setar, in northern Malaysia, on August 3, 2020. - A British woman was jailed for three and a half years on August 3, after tearfully admitting she stabbed her husband to death during a fight on the Malaysian holiday island of Langkawi. (Photo by A. Ammarudin / AFP)
Samantha Jones (AFP/A. AMMARUDIN)
Kuala Lumpur -

Seorang wanita Inggris dijatuhi hukuman 3 tahun 6 bulan atau 3,5 tahun penjara di Malaysia, setelah mengakui dirinya menikam suaminya hingga tewas. Penikaman ini terjadi saat pasangan suami-istri ini bertengkar di kediaman mereka di Pulau Langkawi, yang menjadi tujuan wisata.

Seperti dilansir AFP, Senin (3/8/2020), Samantha Jones (52) membunuh suaminya, John William Jones, saat keduanya terlibat pertengkaran pada dini hari, tahun 2018 lalu, di kediaman pasangan ini yang ada di Pulau Langkawi. Jones dan suaminya merupakan warga Inggris, namun tinggal di Malaysia.

Pengacara Jones menyebut penikaman terjadi saat kliennya telah bertahun-tahun mengalami tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dalam persidangan, Jones mengakui tindak 'pembunuhan tercela' yang setara dengan tindak pembunuhan tak disengaja.

Pengadilan Malaysia menjatuhkan hukuman 3 tahun 6 bulan penjara terhadapnya dalam sidang putusan pada Senin (3/8) waktu setempat. Jones juga diperintahkan membayar denda sebesar 10 ribu Ringgit, atau setara Rp 34,4 juta.

Jones awalnya didakwa atas tindak pembunuhan, yang memiliki ancaman hukuman mati di Malaysia, namun kemudian jaksa penuntut sepakat meringankan dakwaan terhadapnya. Dalam persidangan di Alo Setar, Jones mengaku bersalah dan menangis saat jaksa menunjukkan senjata pembunuhan dan foto-foto lokasi kejadian.

Dalam pembelaannya, pengacara Jones, Sangeet Kaur Deo, menyatakan kliennya telah sejak lama mengalami penganiayaan fisik dan emosional yang dilakukan suaminya, yang disebut sebagai seorang pecandu alkohol dan sangat temperamental.

Selanjutnya
Halaman
1 2