Inggris Kerahkan Jutaan Alat Tes yang Bisa Deteksi Corona dalam 90 Menit

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 03 Agu 2020 13:57 WIB
Hingga kini Inggris memiliki 207 ribu kasus COVID-19 dan tertinggi keempat dunia. Tak ayal, petugas ambulans pun tampak sangat sibuk lalu lalang menjemput para pasien yang terjangkit Corona.
Ilustrasi (Getty Images/Leon Neal)
London -

Otoritas Inggris akan mengerahkan jutaan alat tes yang mampu mendeteksi virus Corona (COVID-19) dalam 90 menit. Alat tes Corona ini akan dikerahkan ke rumah-rumah sakit, panti jompo dan berbagai laboratorium untuk meningkatkan kapasitas tes Corona dalam beberapa pekan ke depan.

Seperti dilansir Reuters, Senin (3/8/2020), Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock, dalam pernyataannya menyebut bahwa alat tes itu terdiri atas 5,8 juta tes Corona dengan DNA dan 450 ribu tes swab. Kedua cara pemeriksaan itu, ujar Hancock, tidak perlu harus dilakukan oleh tenaga kesehatan profesional.

"Fakta bahwa tes ini bisa mendeteksi flu juga COVID-19 akan sangat bermanfaat saat kita memasuki musim dingin, jadi para pasien bisa mengikuti saran yang tepat untuk melindungi diri mereka dan orang lain," sebut Hancock.

Secara terpisah, Layanan Kesehatan Nasional (NHS) menyatakan pihaknya akan menawarkan perawatan 'ramah-COVID' kepada para pasien kanker, termasuk obat-obatan yang tidak berdampak besar pada sistem kekebalan tubuh.

Sistem layanan kesehatan Inggris ada di bawah tekanan parah saat pandemi Corona mencapai puncak. Sejauh ini, lebih dari 46 ribu orang meninggal dunia akibat Corona di Inggris. Angka ini tercatat sebagai total kematian tertinggi keempat di dunia, setelah Amerika Serikat (AS), Brasil, dan Meksiko.

Total kasus Corona di Inggris saat ini melebihi 306 ribu kasus.

(nvc/ita)