Jet Tempur Israel Cegat Pesawat Penumpang Iran di Atas Suriah

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 24 Jul 2020 08:42 WIB
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi (iStock)
Teheran -

Televisi nasional Iran melaporkan bahwa sejumlah jet tempur Israel mencegat sebuah pesawat penumpang maskapai Iran saat mengudara di atas wilayah Suriah menuju ke Beirut, Libanon. Manuver itu memaksa pesawat Iran untuk mengambil tindakan menghindar.

Seperti dilansir AFP, Jumat (24/7/2020), televisi nasional Iran, IRIB, menayangkan rekaman video amatir yang menunjukkan para penumpang berteriak saat pesawat maskapai Mahan Airlines tiba-tiba berubah arah saat mengudara.

Sebuah video lainnya yang direkam dengan telepon genggam menunjukkan sedikitnya dua jet tempur terbang di samping pesawat penumpang itu.

"Sementara pesawat (Iran) terbang di atas Suriah, jet tempur rezim Zionis mendekati pesawat Mahan Airlines," demikian laporan IRIB.

"Setelah aksi berbahaya oleh jet tempur Israel, pilot pesawat komersial itu dengan cepat mengurangi ketinggian penerbangan untuk menghindari tabrakan dengan jet tempur Israel, yang melukai beberapa penumpang di dalam pesawat," imbuh IRIB dalam laporannya.

Laporan IRIB mengutip sejumlah sumber yang tidak disebut namanya, yang menyatakan jet tempur yang mencegat pesawat Iran itu mungkin milik Israel atau Amerika Serikat (AS). Insiden itu disebut 'provokatif dan berbahaya'.

Secara terpisah, televisi Suriah dan kantor berita SANA, yang mengutip sumber penerbangan sipil, menyebut bahwa jet tempur itu milik koalisi pimpinan AS.

"Pesawat yang diyakini milik koalisi pimpinan AS mencegat sebuah pesawat sipil Iran di wilayah udara Suriah di wilayah Tanaf, yang memaksa kapten pesawat untuk melakukan penurunan ketinggian tajam yang memicu luka ringan di antara penumpang," sebut laporan media-media Suriah.

Pesawat maskapai Iran, yang terbang dari Teheran, akhirnya melanjutkan penerbangan ke Beirut sesuai jadwal usai insiden tersebut.

Israel diketahui melancarkan ratusan serangan udara ke Suriah sejak konflik pecah tahun 2011. Israel kerap menargetkan tentara pemerintah Suriah, pasukan Iran dan petempur Hizbullah yang merupakan sekutu Suriah dalam serangannya. Namun Israel tidak pernah mengonfirmasi detail operasinya di Suriah secara publik.

Tonton video 'PBB Protes Keras Israel Caplok Tepi Barat Palestina:

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)